Keunggulan Pupuk Organik Eco Farming, Solusi Buat Petani di Luwu Raya

Palopo – Eco Farming dikenal sebagai prodak pupuk organik yang dapat menciptakan sistem pertanian ramah lingkungan.

Salah satu mitra Eco Farming di Palopo, Paida Alwi dalam pemaparanya di Podcast Smart soal Ecofarming, mengatakan bahwa kegunaan pupuk organik ini juga bisa meringankan biaya produksi petani.

Tak hanya itu, Eco Farming juga mempercepat masa panen dan meningkatkan unsur hara tanah serta meningkatkan hasil produksi yang meningkat untuk para petani.

Selain itu, pupuk organik Eco Farming ini sangat cocok untuk segala jenis tanaman buah seperti jenis tanaman sayur mayur, yang keras dan tanaman hias lainnya.

“Para petani setelah menggunakan pupuk orgadik Eco Farming ini, selanjutnya petani cukup menggunakan pupuk lainnya hanya 25% saja dari kebiasaan pemakaian pupuk,” katanya. Kamis (17/11/22).

Sementara itu, Ruslan Makatu Muhammad, yang juga merupakan mitra Ecofarming di Palopo, menambahkan bahwa diluncurkannya produk pupuk Eco Farming ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman dengan memperbaiki tekstur tanah pertania, selain itu juga pupuk organik Eco Farming ini mampu memenuhi 13 kandungan unsur hara yang dibutuhkan segala jenis tanaman.

“Dari ketiga belas kandungan tersebut terbagi menjadi tiga unsur hara diantara.unsur hara makro (N,P,K) , unsur hara sekunder (S,Ca,Mg) dan unsur hara mikro (Ci,mn,Fe,Cu,Zn,B,Mo). Kandungan inilah yang menjadi senjata ampuh bagi para petani untuk memuaskan tanaman-tanamannya, maka tanaman dapat tumbuh normal sehat dan produktif,” jelasnya.

Menurut Ruslan, tidak hanya itu saja Eco Farming ini dapat membantu tanah dalam memperbaiki teksturnya yang telah rusak, termasuk dalam hal pengendalian hama serta telah diuji secara teknis sehingga telah menyusun komposisi ketiga belas unsur zat  hara diatas agar sesuai dengan takaran yang dibutuhkan,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Founder Eco Farming, Bripka Kamaruddin Latif, SH, salah satu anggota Polri yang bertugas di Polres Palopo, yang sudah bergelut di dunia bisnis Eco Farming selama kurang lebih 3 tahun, menambahkan bahwa produk pupuk organik Eco Farming ini dapat menjadi pilihan utama untuk para petani karena sangat menyuburkan tanaman sehingga tanaman dapat nutrisi dari pupuk organik.

“Pupuk ini berguna disemua jenis tanaman seperti padi, sayuran, buah- buahan, kelapa sawit, tebu, tembakau, cengkeh, kopi dan kakao. Dan juga bisa buat tanaman industri lainnya, serta mereklamasi tanah yang rusak atau tidak layak untuk ditanam lagi sehingga menjadi layak ditanami termasuk pengendalian hama yang bagus,” pungkasnya. 

Komentar