Kembali Dapat Penghargaan dari Kemenkeu, Begini Harapan Bupati Kolaka Utara

Daerah85 Dilihat

Hashtagnews.id – Kabupaten Kolaka Utara kembali meraih Predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2020, dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Pengharagaan tersebut didapatkan Kolaka Utara untuk yang ke-7 kalinya. Penyerahan penghargaan kali ini berlangsung di Masjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad Lasusua, Kolaka Utara. Jumat (15/10/2021).

Piagam WTP diserahkan langsung Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kolaka Arief Rahman, mewakili Menteri Keuangan, diterima Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar,  yang didampingi Wakil Bupati H. Abbas, Ketua DPRD Buhari, Wakapolres Kompol Bambang Eko Purwanto, dan juga disaksikan kepala OPD dan masyarakat.

Arief Rahman pada kesempatannya mengatakan bahwa WTP ini diberikan kepada daerah yang laporan keuanganya dianggap telah memenuhi 4 kriteria BPK.

Baca juga:  DPMPTSP Kolaka Utara Studi Tiru Ke Mall Pelayanan Publik Kota Palopo

“Kriteria yang dimaksud, adalah kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, efektivitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi, dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan,” terang Arief.

Sementara itu, Bupati Nur Rahman Umar menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang didapatkan kabupaten Kolaka Utara dari Kementerian Keuangan RI.

“Alhamdulillah, tahun ini kita kembali mendapatkan opini WTP atas pemeriksaan laporan keuangan daerah tahun buku 2020 yang ke-7 kalinya, tentu itu semua tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen aparatur pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam meningkatkan kinerja, khususnya dalam bidang yang terkait dengan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah,” tuturnya.

Lanjutnya, penghargaan ini juga tidak terlepas dari support atau dukungan yang merupakan partnership yang sangat baik antara Pemda dengan DPRD Kabupaten Kolaka Utara. Bupati juga menyadari bahwa masih banyak kelemahan yang harus dibenahi pemerintah Kolaka Utara.

Baca juga:  Pj Wali Kota Palopo Hadiri Rapat Paripurna HUT Sulsel ke-354

“Saya berjanji, kelemahan tersebut akan dijadikan perhatian khusus sebagai dasar perbaikan dimasa mendatang, sehingga kedepan pengelolaan keuangan dan aset akan lebih baik, saya berharap kedepan Kolaka Utara tidak sekedar meraih opini WTP, tapi juga kualitas dari WTP ini mampu menjadi bagian dalam mensejahtrahkan masyarakat Kabupaten Kolaka Utara,” harapnya.

Komentar