oleh

Begini Cara Hemat Listrik, Biar Tagihan Gak Bengkak

Hashtagnews.id – Menghemat listrik adalah sikap yang tidak membuang listrik secara percuma, dan mematikan sebagian listrik yang tidak terpakai, demikian dikutip dari Modul Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kemdikbud oleh Haris Danial, S.Pd, M.A, dan Ismiyati Ano, S.Pd.

Listrik sendiri digunakan untuk memudahkan kegiatan manusia sehari-hari. Listrik yang digunakan tersebut berasal dari pembangkit tenaga listrik. Energi listrik yang dihasilkan kemudian dialirkan hingga sampai ke rumah kita, menggunakan kabel-kabel penghantar.

Cara Menghemat Listrik

Ada berbagai macam cara menghemat listrik yang bisa dilakukan, bahkan dengan cara yang sangat sederhana. Adapun cara menghemat listrik adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Lampu Hemat Energi (LED)

Lampu LED akan lebih memberikan penerangan lebih tinggi, ketimbang lampu bohlam. Selain itu, cara menghemat listrik dengan lampu LED juga bisa menghemat hingga 90 persen listrik di rumah lho.

2. Matikan Semua Peralatan Elektronik Jika Tidak Sedang Digunakan

Kabel listrik peralatan elektronik yang masih menancap, meski sedang tidak digunakan juga akan tetap membuat aliran listrik mengalir. Sehingga, hal itu juga akan membuat tagihan listrik semakin melonjak.

3. Mencabut Kabel Peralatan Elektronik

Untuk itu cara menghemat listrik juga perlu mencabut semua kabel peralatan elektronik yang sedang tidak digunakan dari saklar. Misalnya jangan biarkan kabel televisi tersambung ke skalar apabila ingin bepergian berhari-hari dari rumah.

4. Membuat Rumah dengan Ventilasi Udara

Cara menghemat listrik adalah dengan membuat rumah yang memiliki cukup ventilasi. Hal ini akan membuat aliran udara, dari luar bisa masuk ke dalam rumah. Selain itu, membuat sirkulasi udara di dalam rumah juga bisa mengurangi penggunaan AC atau kipas angin.

5. Menggunakan Penerangan Alami

Penerangan alami yang cukup pada siang hari, dari bantuan sinar matahari akan membuat kita tidak perlu menyalakan lampu lagi.

6. Gunakan Air Secukupnya

Air juga termasuk sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Untuk itu, kita menggunakan air secukupnya. Apabila kita sering menyalakan pompa air, maka biaya listrik pun akan tinggi.

Manfaat Menghemat Listrik

Listrik sudah dimanfaatkan di hampir seluruh penjuru dunia ini. Oleh karena itu, sebagai pengguna energi di bumi, kita harus sadar pentingnya menghemat listrik. Keuntungan menghemat listrik adalah secara tidak langsung kita bisa menyelamatkan bumi ini.

Manfaat menghemat listrik antara lain:

  • Menghemat biaya tagihan listrik agar lebih minim
  • Mengurangi dampak negatif dari emisi yang dihasilkan, dari penggunaan energi yang berlebihan
  • Mencegah krisis energi di masa depan.

Itu tadi informasi tentang penjelasan cara menghemat listrik di rumah,beserta keuntungan dan manfaat menghemat listrik. Jangan lupa untuk menghemat listrik ya!

(*/Mi)

Komentar