oleh

Bagaimana Cara Menenentukan Biji Kopi Yang Berkualitas Baik?

HASHTAGNEWS.ID – Zaman sekarang sudah banyak yang mengemari minuman kopi hampir di seluruh dunia. Minuman kopi telah menjadi kebiasaan sehari-hari dari sebagian orang.

Namun, ada yang perlu anda ketahui dalam membuat minuman kopi agar menghasilkan cita rasa yang enak yaitu anda perlu memilih biji kopi yang berkualitas baik.

Maka dari itu anda perlu menentukan kualitas biji kopi dengan baik sehingga anda tidak akan rugi dalam membeli biji kopi. Lalu, bagaimana cara menentukan kualitas biji kopi? Untuk menentukan kualitas biji kopi dengan baik, ada cara yang bisa anda lakukan berikut ini.

  • Mengecek Tanggal Roasting Biji Kopi Yang Berjenis Roasted

Pilihlah biji kopi yang masih segar atau fresh yang memiliki aroma dan rasa manis alami pada biji kopi sehingga menghasilkan rasa yang enak saat dikonsumsi.

Jika ingin memilih biji kopi yang berkualitas baik, maka anda harus memilih biji kopi yang segar untuk dikonsumsi dalam waktu 3 minggu dari tanggal roastingnya. Apabila biji kopi sudah melewati masa waktu 3 minggu maka kualitasnya akan kurang bagus. Ciri-ciri kopi yang kualitasnya kurang baik biasanya berjenis agak pudar, datar, dan sedikit bertepung.

  • Memiliki aroma yang harum pada biji kopi

Dalam memilih biji kopi, sebaiknya anda memilih biji kopi yang memiliki aroma yang khas. Biasanya biji kopi yang berkualitas baik akan memiliki aroma yang kuat dan khas dalam kondisi yang masih segar. Jika biji kopi memiliki aroma yang kurang khas bisa saja biji kopi tersebut tidak lagi fresh atau segar.

  • Pilihlah biji kopi dengan berwarna yang lebih bagus

Biji kopi yang berkualitas baik bisa dilihat dari warna bijinya. Biasanya biji kopi yang tidak disangrai akan memiliki warna agak coklat gelap dan berbintik hitam, dengan ciri tersebut berarti biji kopi mengalami kerusakan atau adanya jamur yang menghasilkan racun seperti aflatoksin.

  • Memiliki bentuk atau fisik yang sempurna

Untuk menentukan biji kopi yang berkualitas dapat dilihat dari bentuk atau fisik dari biji kopi. Ciri-ciri biji kopi yang berkualitas memiliki warna kehijauan yang bersamaan dan tidak memiliki lubang ataupun busuk.

  • Kualitas biji kopi yang baik tergantung dari selera kopi

Biji kopi memiliki dua jenis yaitu arabika dan robusta. Kedua jenis kopi ini memiliki aroma dan rasa yang cukup berbeda. Seperti kopi arabika memiliki rasa sedikit asam dan lembut, sedangkan kopi robusta memiliki rasa yang pahit dan kuat. Kedua jenis biji kopi yang satu ini tidak dapat mengukur mana yang biji kopi terbaik. Karena biji kopi yang terbaik tergantung dari selera cita rasa pada peminum kopi.

Ciri biji kopi yang berkualitas

Untuk menentukan biji kopi yang berkualitas baik yaitu ketika biji kopi sudah matang akan diproses panen dan dilanjutkan dengan penyortiran terhadap kualitasnya. Ciri biji kopi yang berkualitas baik dapat dilihat dari warna yang merah tanpa ada cacat sedikitpun, buahnya tidak kosong, tidak diserang oleh hama perusak, kopi yang berwarna kehijauan dan biji kopi yang lanang akan dipisahkan dari buah kopi yang berwarna merah.

obat kutu kopi

Setelah itu buah kopi yang sudah disortir akan dikeringkan menggunakan alat pengering seperti drying beds. Untuk mengurangi kandungan air pada biji kopi sehingga bisa mencegah pertumbuhan mikroorganisme atau hama.

Setelah biji kopi kering, maka biji kopi tersebut akan dikupas dan dipisahkan dari pulp dan kulit tandungnya. Caranya di tumbuk dengan menggunakan cara yang tradisional atau menggunakan mesin.

Anda juga perlu berhati-hati dalam menyimpan biji kopi agar tidak terserang hama untuk menjaga kualitas biji kopi tetap utuh. Untuk menghindari hama di gudang penyimpanan biji kopi anda bisa menggunakan Fumiphos 56 TB yang tersedia di PT. Panca Prima Wijaya. Fumiphos ini bisa anda gunakan untuk membasmi hama atau hama resisten di tempat penyimpanan biji kopi.

Fumiphos 56 TB ini sangat aman digunakan karena tidak akan merusak mutu pada biji kopi atau komoditi, tidak akan merubah rasa atau warna , residunya sangat rendah dan mudah hilang dan aman untuk lingkungan dan komoditi pangan anda.

Itulah cara untuk menentukan biji kopi yang berkualitas baik. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk memilih biji kopi dengan kualitas yang baik. (*/dirman)

Komentar