oleh

PMII Palopo Kecam Aksi Kekerasan Aparat di Wadas dan Parigi

HASHTAGNEWS.ID – Bulan Februari merupakan duka bagi kita. Kita disuguhkan kejadian yang begitu memprihatinkan yang terjadi di Wadas dan Parigi Sulawesi Tengah.

Ketua Cabang PMII Palopo, Rafly Setiawan mengatakan bahwa maraknya konflik agraria dan keberpihakan pemerintah terhadap perusahaan pertambangan tanpa mempertimbangkan asas manfaat kepada masyarakat.

“Pola kekuasaan pemerintah saat ini, hampir mirip dengan rezim Orde Baru. Mulai dari pendekatan sampai pada perilaku kepada warga negaranya. Ini melumat hakikat berdirinya suatu negara,” ujarnya.

Di Parigi menewaskan salah seorang warga yang ikut dalam aksi pencabutan izin PT. Trio Kencana. Dan termasuk yang berjuang adalah orang tua kader PMII dari Komisariat Eksakta.

“Kebijakan Polri Presisi harus diterapkan. Secara prinsip baik, tetapi kita lihat evaluasi Bapak Kapolri kepada perilaku oknum aparat keamanan di Wadas dan Parigi. Pun jika tidak disikapi oleh Kapolri, maka kita bisa menyimpulkan pola kekuasaan sekarang ini mirip dengan rezim Soeharto,” tutur Rawan.

Ia juga memberikan dukungan terhadap perjuangan masyarakat di Wadas dan Parigi. Menurutnya, segala bentuk perampasan lahan dan pelanggaran terhadap hak asasi kepada warga negara haram hukumnya.

Komentar

Hashtag Feed