oleh

Perusahaan Ini Serap Puluhan Tenaga Kerja Lokal di Kolaka Utara

HASHTAGNEWS.ID – Operasional usaha keagenan kapal di Indonesia yang melayani kapal nasional dan asing telah menciptakan penambahan ribuan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA) mengungkapkan, sejak tahun 2016 pemerintah melalui Permenhub No.11/2016 telah menetapkan usaha keagenan kapal di Indonesia bisa dilakukan perusahaan angkutan laut pemegang Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL), maupun perusahaan keagenan kapal yang telah mengantongi Surat Izin Usaha Perusahaan Keagenan Kapal (SIUPKK).

Berdasarkan data Ditjen Hubla Kemenhub, hingga akhir tahun 2020, telah diterbitkan sebanyak 769 SIUPKK. Jika diasumsikan satu perusahaan pemegang SIUPKK mempekerjakan rata-rata 20 orang pekerja maka terdapat sekitar 15.000-an pekerja di sektor usaha keagenan kapal pemegang SIUPKK itu.

Jumlah itu belum termasuk kegiatan keagenan kapal yang dilakukan oleh pemegang SIUPAL. Banyaknya rekrutmen tenaga kerja tersebut sejalan dengan upaya pemerintahan Presiden Joko Widodo. Apalagi, Indonesia juga telah memiliki UU Cipta Kerja atau yang dikenal dengan Omnibuslaw, yang salah satu semgatnya untuk menumbuhkan lapangan kerja dan usaha kecil dan menengah (UMKM).

Tentunya kesempatan ini juga tidak disia-siakan perusahaan keagenan kapal yang ada di Sulawesi tenggara, termasuk PT Arta Naarga Persada (ANP) yang berdomisili di Kolaka Utara. PT ANP yang diketahui dimiliki oleh putra asli daerah Kolaka Utara ini, telah menfokuskan sejak awal berdirinya memprioritaskan untuk merekrut tenaga kerja lokal Kolaka Utara.

Hal itu diakui Direktur PT ANP, Mirdang saat ditemui awak media di kantor pusat ANP di Katoi, Kolaka Utara. Ia menegaskan sejak awal berdirinya perusahaan tersebut, dalam bidang perekrutan tenaga kerja, harus memprioritaskan tenaga kerja lokal Kolaka Utara.

Diketahui, saat ini PT ANP telah merekrut puluhan tenaga kerja lokal dari tiga desa di Kolaka Utara. Hingga saat ini, perusahaan ini telah memiliki 5 cabang di luar daerah Kolaka Utara.

Komentar

Hashtag Feed