oleh

Launching Buku ‘Penjara Suci’, Bupati Kolut: Spirit Literasi Bagian dari Konsep Madani

HASHTAGNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, melalui Dinas Perpustakaan menggandeng PMII Kolaka Utara, menggelar launching buku ‘Penjara Suci’, karya salah satu putra daerah Kolaka Utara, Muh. Khaerullah Ilyas. Selasa (21/12/2021).

Bupati Kolaka Utara, Drs H. Nur Rahman Umar  pada kegiatan tersebut, langsung hadir untuk membuka acara. Pada kesempatannya, Nur Rahman Umar mengapresiasi sikap Khaerullah Ilyas yang telah memberanikan diri muncul kepermukaan dengan membawa sebuah karya.

“Ini adalah kesyukuran besar kita semua.  perlahan Pemuda Kolaka Utara sudah mulai muncul kepermukaan untuk menuangkan gagasannya demi perbaikan daerah,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa, di dalam konsep  pemerintahan hari ini, yaitu konsep Madani tentu dengan budaya leterasi nilai dari konsep tersebut akan terwujud.

“Di daerah Kita Kolaka Utara, ada dua sosok karakter orang yang sulit kita cari yaitu penulis dan pembaca. Sehingga dengan harapan kami selaku pemerintah daerah dengan hadirnya karya dari Khaerullah ini, bisa menjadi spirit bagi pemuda Kolaka Utara kedepannya,” harapnya.

Kadis Perpustakaan Kolaka Utara, H. Syahril, S.Pd juga menambahkan, dan memberi selamat kepada penulis yang telah mempunyai karya pertama.

“Dengan hadirnya Kegiatan ini di Perpustakaan Kolaka Utara, semoga ini bisa menjadi semangat untuk golongan komunikasi literasi untuk selalu aktif dalam melakukan literasi di Perpustakaan ini. Ruangan ini kita bangun untuk kemaslahatan kita bersama, dan untuk kepentingan masyarakat Kolaka Utara, sehingga dapat menjadi kaum-kaum terdidik yang betul-betul dapat membanggakan daerah,” terangnya.

Sementara itu, Penulis buku, Khaerullah Ilyas pada kesempatannya menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Pemerintah Kolaka Utara dan segenap pihak yang mensuport kegiatan tersebut.

“Ini adalah Kebanggaan saya pribadi karena bisa dilihat langsung oleh orang nomor satu di Kolaka Utara. Sedikit ulasan terkait perjalanan penulisan buku ini. Buku ini mulai saya tulis di akhir tahun 2020 yang waktu itu alm. Bapak saya masih hidup. Dari perkataan beliaulah yang kemudian menjadi spirit bagi saya,” tutur Khaerullah.

Lanjutnya, Almarhum ayah dari Khaerullah pernah berpesan bahwa pengetahuan itu akan  abadi jika menjadi sebuah karya.

“Alm bapak saya pernah berpesan bahwa pengetahuan saya tidak berguna jika tidak akan pernah diakui, selagi saya belum punya karya sendri. Dari perkataan tersebut yang membuat saya berniat besar untuk memulai menulis,” jelasnya.

Diketahui, aktifitas menulis adalah suatu rangkaian kegiatan yang kita lakukan untuk menuangkan gagasan dan keluhkesa yang pernah dialami, dibaluti dengan ilmu pengetahuan.

“Karya ini mnng karya pertama, dan Semoga dengan hadirnya karya ini, bisa menjadikan Spirit bagi pemuda-pemuda Kolaka Utara untuk meningkatkan Budaya literasi di Kolaka Utara, sehingga nilai dari konsep Madani dapat terwujud,” tutupnya. 

(Ishak)

Komentar

Hashtag Feed