HUT ke-15, Bawaslu Palopo Sosialisasi Gerakan Sadar Demokrasi  

Palopo – Badan Pengawas Pemilu Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar kegiatan rangkaian Hari Ulang Tahun Bawaslu yang ke-15. Senin (10/3/2023).

Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan kegiatan Gerakan Sadar Demokrasi (Garasi).

“Kegiatan hari ini adalah rangkaian HUT Bawaslu yang ke 15. Kemudian ada kegiatan Gerakan Sadar Demokrasi (Garasi) yang tiap tahun dilaksanakan,” kata Ketua Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra.

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun Bawaslu yang jatuh pada tanggal 9 April 2023, mengusung tema “Sinergi Mengawasi, Jaga Demokrasi”.

Terkait dengan hal itu, Asbudi mengatakan bahwa tema tersebut erat hubungannya dengan Gerakan Sadar Pemilu.

“Tema ini sangat berhubungan dengan Garasi karena lahirnya Bawaslu dipicu adanya ketidak percayaan publik terhadap penyelenggara Pemilu saat itu,” ungkapnya.

“Jadi kita lahir itu untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Kepercayaan itu dibangun melalui kinerja kita di lapangan. Tujuan Bawaslu itu agar masyarakat percaya terhadap penyelenggaraan pemilu itu,” sambungnya.

Asbudi juga mendoakan untuk seluruh jajaran Bawaslu hingga Panwaslu Kecamatan dan PKD dalam keadaan sehat walafiat.

Selain itu ia juga berharap agar menjalin hubungan yang solid dalam melaksanakan tugas di masing-masing kecamatan.

“Intinya yang utama adalah bagaimana kita semua dalam keadaan sehat walafiat, kemudian kita jaga keutuhan. Kita harus solid dan kuat dalam menjalankan tugas kita di Kecamatan,” terangnya.

Ia juga meminta agar seluruh jajaran senantiasa menjaga marwah Bawaslu. Hal itu dilakukan guna untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada Bawaslu.

“Terakhir adalah harus menjaga marwah, lembaga, harga diri ta ada di sini. Di sini kita liat perjuangan yang telah kita lakukan, tapi kalau kita blunder di sini jangan berharap terbuka ruang pengabdian di masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga, Koordinator Devisi HP2H, Ahmad Ali, mengatakan Panwaslu harusnya bangga menjadi anggota yang penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

“Kalau kita melihat tema 15 tahun bawaslu ini, kita juga harus bangga menjadi bangga jadi panwaslu dengan semua tugas tahapan yang telah kita laksanakan,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat mengetahui bahwa ada Panwaslu Kecamatan di sekitar masyarakat. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Alumni SKPP yang sudah banyak memberikan kontribusi kepada Bawaslu Kota Palopo.

“Masyarakat kota palopo itu harus tau bahwa ada panwaslu di sekitar mereka. Alhamdulillah beberapa alumni SKPP kita sudah mengambil peran,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan berbagi keberkahan kepada masyarakat pengguna jalan di perempatan lampu merah Jl. Opu Tosappaile, Kelurahan Boting, Kecamatan Wara, Kota Palopo.

(*/iQ)

Komentar