FGD Tim PKM IAIN Palopo Bahas Pemetaan Makna Corak Toraja

Pendidikan3 Dilihat

Palopo – Tim PKM IAIN Palopo sebagai pelaksana hibah BPDLH Ford Foundation Community Resilience and Welfare (Dana TERRA) Project melakukan FGD bersama masyarakat adat Toraja membahas pemetaan makna Corak Toraja.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lembang Tallung Pananniang Kec. Sanggalangi Kab. Toraja Utara tersebut, merupakan rangkaian pengabdian dalam rangka peningkatan perekonomian masayarakat adat.

Tujuan kegiatan agar pembuatan handicraft yang dihasilkan nantinya sesuai dengan aturan adat.

Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan komitmen perlindungan sosial dan lingkungan dalam pelaksanaan pengabdian.

FGD (Focus Group Discussion) bersama masyarakat adat juga dilakukan, sekaligus memetakan potensi corak khas Toraja untuk pembuatan handycraft pada Sabtu 18 Februari 2023, dilaksanakan bersama perangkat lembang serta masyarakat yang terdiri dari 4 kelompok.

Kegiatan diwali dengan sambutan tuan rumah kepala lembang Antonius Teko Pakalla yang sangat merespons dengan kesyukuran, karena di lembang Tallung Pananiang dipusatkan pelaksanaan pelatihan.

Antonius sangat menyambut baik kegiatan ini. Demikian halnya dengan ketua tim IAIN Palopo Dr. Edhy Rustan, M.Pd. Dosen sekaligu menjabat Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Palopo yang menyampaikan tujuan program serta ucapan terima kasih atas animo masyarakat yang sangat tinggi dengan program ini.

Jalannya FGD dipandu Dr. Andi Muhammad Aji Goena, M.Pd. sekaligus sebagai anggota tim yang sesekali mengunakan bahasa daerah dalam memantik jalannya diskusi.

“Bagaikan mutiara yang terpendam, dari 43 motif yang dipetakan memiliki makna yang mendalam dan tata pengunaan yang berbeda. Meski demikian keunikan budaya yang tersimpan dalam corak Toraja semua dapat diimplementasikan dalam handicraft. Baik handicraft yang sifatnya perabotan, maupun aksesoris,” jelasnya.

Selain masyarakat adat, kegiatan tersebut juga dihadiri para dosen yang mayoritas dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo sekaligus sebagai tim pengabdi.

Sebagai wujud komitmen, tim pengabdi IAIN Palopo dan masyarakat adat setempat sepakat menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) kemitraan antara ketua Tim, Kepala Lembang Tallung Pananian, dan Dekan fakultas Ekonomi.  (*)

Komentar