oleh

Tubuhku Adalah Milikku!

HASHTAGNEWS.ID – Tubuh kita adalah anugrah dari Tuhan yang harus dijaga agar tetap sehat dan aman karena tubuhmu adalah milikmu.

Ns. Bestfy Anitasari, M.Kep., Sp. Kep. Mat

Agar dapat memelihara Kesehatan dan keamanan tubuh, maka terdapat 3 hal yang harus dilakukan, yaitu:

1. Mengenal tubuh kita

Pengenalan anggota tubuh penting untuk memastikan bahwa individu tahu bagian-bagian tubuh dan kegunaannya. Bagian tubuh adalah privasi individu. Tubuh terdiri dari bagian yang dapat dilihat secara kasat mata dan tidak. Ada yang boleh dilihat dan disentuh seperti kepala, tangan dan kaki, serta bagian yang tidak boleh disentuh dan dilihat oleh orang lain tanpa izin seperti mulut, dada, perut, alat kelamin, pantat dan sekitar paha.

Adapun orang-orang yang dapat melihat dan menyentuh tubuh anak adalah orang tua pada saat memandikan dan membersihkan badan serta dokter yang sedang memeriksa dengan pendampingan orang tua.

Terdapat 2 jenis sentuhan pada tubuh yaitu sentuhan boleh yaitu sntuhan yang memberikan rasa nyaman, senang dan bahagia, contohnya pelukan, ciuman, belaian dari ayah dan ibu, bergandengan dan berpegangan tangan dengan teman saat bermain, bersalaman dengan teman atau dengan guru.

Sentuhan tidak boleh yaitu sentuhan yang membuat rasa tidak nyama, rishi bahkan menyebabkan rasa sakit  seperti saat ada yang menyentuh bagian pribadi pada mulut, dada, perut, alat kelamin, pantat dan sekitar paha atau pada saat ada yang memaksa untuk mencium atau memeluk tubuh walaupun oleh orang yang dikenal.

Ketika ada yang menyentuh tubuh dan menimbulkan perasaan tidak nyaman maka seharusnya dihindari dan berkata dengan tegas “ jangan sentuh aku”, jangan pegang-pegang” atau “aku tidak mau”. Dan jika terus dipaksa, maka segera berlari dan berteriak “jangan”, “tidak” atau “tolong”, memberontak dengan memukul, menggigit, dan atau menendang.

Selanjutnya menceritakan ketidaknyamanan yang dialami pada orang yang dipercaya seperti orang tua, kerabat dekat, bapak ibu guru atau petugas keamanan.

2. Menjaga agar tubuh selalu sehat

Penjagaan kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan memastikan kebersihan area sekitar alat kelamin dengan cebok menggunakan air bersih dan sabun setiap selesai buang air besar maupun buang air kecil kemudian mengeringkannya, mandi minimal 2 kali sehari dan keramas dengan shampo, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah makan, selepas buang air besar maupun kecil, setelah bermain.

Selanjutnya menggunakan sendal saat keluar dari rumah, menggosok gigi di pagi hari dan malam hari sebelum tidur, memotong kuku setiap satu kali seminggu, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi  4 sehat 5 sempurna, istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari, olahraga secara teratur.

3. Menjaga keamanan tubuh

Menjaga keamanan tubuh melalui penggunaan pakaian yang sesuai. Pakaian anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan. Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh dari perubahan suhu, dan dari orang asing yang membuat rasa tidak nyaman.

Pakaian yang digunakan harus pas di tubuh, tidak kekecilan atau kebesaran. Memastikan agar selalu berhati-hati agar tubuh tidak mengalami cedera yang dapat merusak intergritas tubuh.

Komentar

Hashtag Feed