Tampilkan Nuansa Baru, Festival Budaya KBMS Berlangsung Meriah

Festival Seni dan Budaya Sulawesi 2023 yang digelar UKM Keluarga Besar Mahasiswa Sulawesi (KBMS) berlangsung gemilang di Gedung Serba Guna Telkom University. Senin 4 Dsember 2023.

Dalam acara ini, KBMS menyajikan pertunjukan teater Anggaru, Tari Paduppa, Tari 4 Etnis, dan Tari Toraja. Penampilan ini berhasil menarik perhatian ratusan penonton dari berbagai kalangan.

Tak hanya itu, KBMS pada festival kali ini juga menyajikan nuansa baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Festival ini menampilkan Tarian Gandrang Bulo dengan tema #Savepalestina, serta juga menampilkan budaya Sigajang Laleng Lipa. Hal ini tentunya menciptakan pengalaman yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Dengan tagline “Bersama Melestarikan Budaya di Tanah Pasundan,” festival ini mampu menghadirkan penampilan yang penuh semangat. Melalui festival ini, diharapkan cinta terhadap budaya semakin tumbuh dan pelestarian menjadi suatu kewajiban.

Ketua KBMS Andi Batara, mengharapkan acara ini bukan hanya menjadi referensi bagi kepanitiaan mendatang, tetapi juga menjadi inspirasi bagi organisasi kebudayaan lainnya.

Sementara itu, Penanggungjawab acara, Muhammad Faundra Attalla Syamsyarief menegaskan bahwa Festival Seni dan Budaya Sulawesi adalah wadah penting dalam pelestarian budaya dan adat di Tanah Pasundan, menciptakan rasa kebanggaan, kecintaan, dan kesetiaan terhadap warisan Sulawesi.

Pada kesempatan yang sama, salah satu panitia festival, Carel Noval juga turut menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah upaya pelestarian budaya untuk menjaga keasliannya dan mencegah hilangnya akibat akulturasi budaya luar. “Keberlanjutan budaya harus tetap terjaga untuk generasi mendatang,” tegasnya. (ZL)

Komentar