Rumah Adat Kerajaan Bone Terbakar Warga Bone: Kita Merasa Kehilangan

Daerah6 Dilihat

Hashtagnews – Rumah Adat Kerajaan Bone atau Bola Soba yang  merupakan situs sejarah peninggalan kerajaan Bone yang berada di Jalan Latenritatta, Kecamatan Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan dilalap si jago merah pada Sabtu (20/3/2021) sekitar pukul 04.00 Wita.

Dilansir dari laman Liputan6.com , Butuh waktu sedikitnya 2 jam lamanya untuk memastikan seluruh api yang menyebar dengan cepat di rumah panggung itu padam dengan sempurna.

“Sebenarnya api berhasil kita kuasai dalam waktu 30 menit, tapi kan ada proses pendinginan yaitu untuk memastikan seluruh bara tak ada lagi yang menyala,” pungkas akbar selaku Kabid Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone.

Akbar menjelaskan sedikitnya enam unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api yang melalap Bola Soba. Selain itu 70 personel Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone juga dikerahkan untuk berjibaku memadamkan api.

Hampir seluruh bagian rumah adat Kerajaan Bone itu habis dilalap si jago merah. Akbar menyebutkan yang tersisa dengan utuh pasca kebakaran hanyalah bagian tiang rumah saja serta sisi depan yang kayunya berasal daru kayu tempo dulu.

“Tiangnya masih utuh karena kayunya kan kayu tempo dulu jadi kuat,” dia berucap. Penyebab kebakaran pun hingga kini belum diketahui pasti. “Kalau soal penyebab biar nanti polisi yang selidiki,” tutupnya.

Ais

Komentar