Rekrutmen CPNS 2024 Dimulai Mei, Cek Syarat & Pendaftarannya!

Nasional7 Dilihat

Nasional – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengungkapkan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 yang mencakup CPNS dan PPPK akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan jadwal pelaksanaan seleksi, pemerintah akan mengumumkan usai melakukan pembahasan teknis dengan seluruh instansi. Direncanakan, untuk tahap pertama pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 yang terdiri atas seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

“Untuk tahap pertama diharapkan semua kementerian, lembaga, dan pemda dapat memasukkan data dalam platform digital yang disiapkan BKN,” ujar Anas, dikutip Senin (15/1/2024).

Saat ini, lanjut Anas, Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian negara (BKN) sedang bergerak cepat untuk membahas pelaksanaan pengadaan ASN tahun 2024.

“Minggu ini Tim Kementerian PANRB dan BKN intens melakukan pertemuan terutama dengan seluruh kementerian, lembaga, dan pemda termasuk dengan para pengelola kepegawaian,” ujarnya.

Dia memastikan Kementerian PANRB akan mendorong instansi pemerintah baik pusat dan daerah memanfaatkan alokasi formasi secara baik sehingga reformasi birokrasi berdampak dapat benar-benar terwujud. ditargetkan konsolidasi usulan instansi pemerintah diselesaikan pada Januari 2024.

“Pelaksanaan seleksi awal ditargetkan bulan Mei, dan bila formasi belum terpenuhi, maka bisa dibuka seleksi berikutnya sampai akhir 2024,” ujarnya.

Rekrutmen ASN tahun 2024 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 5 Januari 2024 dengan total formasi 2,3 juta. Instansi pusat mendapat formasi kebutuhan 429.183 yang terdiri atas 207.247 CPNS dan 221.936 bagi PPPK.

Formasi tersebut merupakan gabungan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.Sementara itu, formasi instansi daerah sebesar 1.867.333 yang terdiri atas 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK.

Formasi PPPK di instansi daerah dialokasikan untuk guru sebanyak 419.146, tenaga kesehatan sebesar 417.196, serta 547.416 formasi untuk tenaga teknis. Sedangkan alokasi untuk sekolah kedinasan, tahun ini pemerintah membuka 6.027 formasi.

Formasi instansi daerah lebih besar daripada di instansi pusat karena komposisi ASN memang lebih banyak di daerah.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja berharap untuk tahap pertama diharapkan semua kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (K/L/D) dapat memasukkan data dalam platform digital.

“Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya,” ungkapnya Aba, dikutip Rabu (10/1/2023).

Adapun, pemerintah berencana melakukan rekrutmen CASN 2024 sebanyak maksimal tiga kali dalam satu tahun. Oleh karena itu, dia berhadap pemerintah segera mengajukan formasi.

“Kita dorong agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi sesuai kebutuhan agar reformasi birokrasi berdampak bisa terwujud secara optimal melalui peran SDM,” jelasnya.

Pasalnya, pada tahun ini, pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi, baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya.

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS 2024- Kartu keluarga

– Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

– Ijazah

– Transkrip Nilai

– Pas foto- Swafoto/selfie

– Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar.

Cara Pendaftaran CPNS 2024- Masuk situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau klik link berikut.

– Buat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)

– Log in dengan memasukkan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan

– Lengkapi biodata

– Pilih jenis seleksi formasi instansi dan jabatan sesuai pendidikan

– Lengkapi data pendidikan

– Unggah dokumen persyaratan.

– Periksa kelengkapan semua hasil yang diunggah

– Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran

– Verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar

– Jika seleksi administrasi dinyatakan lulus, cetak kartu ujian di akun SSCASN

– Panitia seleksi instansi akan mengumumkan informasi kelulusan pelamar

– Pemberkasan dan Penetapan NIP

Komentar