Pakai Masker! Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Hashtagnews.id – Saat ini negara Indonesia berada dalam tantangan yang mengharuskan kepada seluruh masyarakat termasuk anak usia dini untuk beradaptasi dengan kondisi wabah Covid-19.

Penulis : Rezki, S.ST., M.Kes. dan Sri Devi Syamsuddin, S.ST., M.Keb

Salah satu bentuk adaptasi untuk mengantisipasi penularan Covid 19 adalah dengan menggunakan masker.

Agar bisa memberikan perlindungan yang efektif, kita harus menggunakan masker dengan baik dan benar.

Berikut ini cara menggunakan masker yang benar sesuai anjuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes):

  • Biasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker. Kamu bisa membersihkan tangan dengan air yang mengalir dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer┬ádengan bahan dasar alkohol.
  • Saat menggunakan masker, pastikan hidung, mulut, dan dagu tertutup seluruhnya. Bagian masker yang berwarna berada di depan, dan bagian berwarna putih yang menempel di wajah.
  • Kemudian, tekan bagian atas masker yang ada kawatnya agar mengikuti bentuk hidung.

Penggunaan masker ini sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Secara garis besar adapun manfaat dari menggunakan masker adalah:

  • Mengurangi risiko penularan virus
  • Mencegah penyebaran virus pada orang dengan tanpa gejala
  • Melindungi diri dan orang lain

Penularan terjadi ketika percikan terhirup orang lain yang ada di sekitar.

Oleh karenanya, masker dibuat untuk melindungi dari droplet yang di keluarkan oleh orang lain agar tidak masuk ke hidung dan mulut kita ataupun sebaliknya, agar droplet kita tidak mengenai orang lain karena kita tidak tahu kita atau lawan bicara kita yang sedang menjadi pembawa virus.

Selain menggunakan masker, kita juga harus tetap melaksanakan protocol kesehatan seperti menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dan menjaga daya tahan tubuh.

Catatan: Materi ini disampaikan pula pada kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 25 Juli 2020 oleh penulis sendiri.

Komentar