IAIN Palopo dan Kemenag Palopo Sinergi Laksanakan SKTT Bagi CPPPK

Pendidikan3 Dilihat

Palopo – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo bersinergi dengan Kantor Kementerian Agama Kota Palopo melaksanakan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan (SKTT) bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK).

Ujian ini serentak dilaksanakan secara nasional mulai tanggal, 12-13 April 2023, untuk wilayah Kota Palopo Titik Lokasi (Tilok) terpusat di Gedung TIPD IAIN Palopo berdasarkan hasil koordinasi Panitia Kanwil, IAIN Palopo dan Kemenag Kota Palopo.

Berdasarkan data dari panitia Satker IAIN Palopo dan Kemenag Kota Palopo sebanyak 172 orang calon PPPK mengikuti SKTT di IAIN Palopo. Ujian tersebut terbagi enam sesi yang berlangsung selama dua hari.

Sekretaris Panitia Seleksi CPPPK IAIN Palopo dalam hal ini kepala Biro AUAK, H. Anwar Abu Bakar, S.Ag., M.Pd, melalui Kabag Umum dan Layanan Akademik, Mattuju, S.Ag, menyebutkan sebanyak 172 orang calon PPPK tersebut merupakan mereka yang sebelumnya telah mengikuti Seleksi Kompetensi Teknis (SKT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kemenag dan dinyatakan berhak mengikuti SKTT

“SKTT merupakan salah satu tahapan seleksi yang wajib diikuti oleh calon PPPK Kemenag,” ucap Mattuju.

Mattuju menambahkan, SKTT adalah Tes Moderasi Beragama berbasis CAT, sesuai Surat Menteri PANRB, Kemenag melaksanakan dua kali seleksi kompetensi. Pertama, SKT berupa CAT BKN dengan bobot 60%. Kedua, SKT Tambahan berupa Tes Moderasi Beragama berbasis CAT dengan bobot 40%.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha (TU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, DR. H. Ali Yafid, S.Ag., M.Pd.I, hadir memantau seleksi tersebut didampingi oleh Kasubag TU (H. Mikail, S.Pd.I., M.H.) dan Tim Kepegawaian Kemenag Kota Palopo.

Ia menyempatkan memberi arahan kepada peserta, bahwa SKTT ini kata dia, tentang penguatan moderasi beragama dengan harapan seleksi ini bisa mendapatkan potret bagi CPPPK yang moderat sesuai yang ditetapkan pemerintah termasuk hal-hal teknis terkait pelaksanaan kegiatan.

“Selamat mengerjakan tes ini, semoga sukses dan mudah-mudahan dengan SKT tambahan bagi CPPPK ini bisa menghasilkan pegawai yang memiliki komitmen kebangsaan, mengedepankan semangat toleransi dan anti kekerasan serta penerimaan terhadap tradisi dan budaya bangsa,” imbuh Ali Yafid.

Sekretaris Panitia CPPPK Kemenag Kota Palopo Hj, A. Tenri Sa’na, S.E., mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas pelaksanaan CAT Moderasi Beragama yang dipusatkan di IAIN Palopo, “Alhamdulillah atas kerja sama yang baik dari seluruh panitia dan peserta kegiatan CAT MB dapat berjalan lancar selama dua hari. Ini tentunya merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seluruh Panitia dalam hal ini Panitia Pusat, Panitia Kanwil dan Panitia Satker” tutup Tenri Sa’na.

Komentar