4 Nama Masuk Bursa Calon Gubernur Jakarta

Politik29 Dilihat

Nasional | Hashtagnews.id

Bursa calon gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024 semakin memanas dengan munculnya sejumlah nama, baik petahana maupun penantang baru.

Terbaru, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman diumumkan sebagai bakal calon gubernur. PKS menyebut Sohibul memiliki pengalaman dan sukses meningkatkan suara partai pada pemilu sebelumnya.

Berikut ini adalah daftar calon gubernur Jakarta:

Anies Baswedan

Anies memiliki pengalaman sebagai gubernur DKI Jakarta pada periode 2017-2022 dan menyatakan kesediaannya untuk kembali memimpin Jakarta. Ia ingin mengembalikan Jakarta sebagai kota maju dengan warga yang berbahagia. Anies telah mendapatkan dukungan dari PKB, PDIP, dan NasDem wilayah Jakarta, meskipun belum mendapatkan surat rekomendasi dukungan dari pusat.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Ahok juga membuka peluang untuk kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Melalui podcast A3 (Ask Ahok Anything), ia menyatakan kesiapan untuk menjadi gubernur lagi. Namun, Ahok menyebutkan bahwa partai pendukungnya, PDIP, tidak bisa mengajukan calon sendiri dan harus berkoalisi karena kurangnya jumlah kursi di DPRD.

Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Ridwan Kamil (RK), mendapat dukungan dari Partai Gerindra dan PAN untuk Pilgub DKI Jakarta 2024. RK belum memberikan pernyataan resmi, namun Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyebut RK yang meminta untuk maju di Jakarta. Namun, Partai Golkar lebih menginginkan RK maju di Pilgub Jawa Barat karena peluangnya lebih besar.

Kaesang Pangarep

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, juga disebut-sebut dalam bursa Pilgub DKI Jakarta. Ketua Umum PSI ini berpeluang ikut kontestasi politik setelah putusan Mahkamah Agung mengenai perubahan syarat usia calon kepala daerah. Kaesang menyatakan kesiapannya jika mendapat dukungan dari partai politik, dan sejauh ini telah mendapat dukungan dari Partai Gerindra dan PAN.

Mohamad Sohibul Iman

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Mohamad Sohibul Iman, juga diusung sebagai calon gubernur Jakarta. Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri, menilai Sohibul memiliki integritas dan kecakapan untuk menjadi bakal calon gubernur. Sohibul menyatakan siap untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024, menyebutnya sebagai amanah dari kader dan pimpinan partai.

Untuk mencalonkan gubernur DKI Jakarta, partai politik atau gabungan partai butuh setidaknya 22 kursi di DPRD DKI Jakarta. Berdasarkan perhitungan Agung Baskoro, pengamat politik Trias Politika, perolehan kursi di DPRD Jakarta saat ini adalah:

  1. PKS: 18 kursi
  2. PDIP: 15 kursi
  3. Gerindra: 14 kursi
  4. NasDem: 11 kursi
  5. Golkar: 10 kursi
  6. PAN: 10 kursi
  7. PKB: 10 kursi
  8. PSI: 8 kursi
  9. Demokrat: 8 kursi
  10. Perindo: 1 kursi
  11. PPP: 1 kursi

Total: 106 kursi

Data ini masih bisa berubah karena KPU DKI Jakarta belum menetapkan perolehan resmi kursi DPRD DKI Jakarta 2024-2029.

Komentar