Siberkreasi Lakukan Literasi Digital di Kolaka Utara, Ini Tujuannya

Edukasi48 Dilihat

Hashtagnews.id – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, secara virtual di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Kamis (1/7/21).

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Aman dan Nyaman dalam Bermedia Sosial”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari pendiri Gratisin Belajar dan Content Creator M Faiz Ghifari, dosen dan peneliti media sekaligus perwakilan Mafindo Fathul Qorib, penulis sekaligus salah satu pendiri Podcastren Irfan L Sarhindi, serta jurnalis dan pegiat literasi Budhy Nurgianto.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Hesti Imaniar selaku jurnalis. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 501 peserta. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Pemateri pertama adalah M Faiz Ghifari yang membawakan tema “Digital Skill: Bijak Menggunakan dan Menuai Manfaat dari Media Sosial”. Media sosial, kata Faiz, punya banyak manfaat seperti sebagai tempat berjejaring, membuat gerakan ataupun bisnis, tempat belajar, dan tempat berbagi.

Baca juga:  Pertama di Indonesia, Lab Biofisik FKM Unhas Raih Akreditasi SNI

Warganet harus pintar-pintar dalam menilai kualitas sebuah informasi karena banyak terjadi kesesatan berpikir di media sosial. “Di sisi lain, perlu kecakapan dalam mengutarakan pendapat di media sosial,” imbuhnya.

Berikutnya, Fathul Qorib menyampaikan materi berjudul “Netiket: Upaya Etis Berkomunikasi Era Digital”. Di kehidupan digital, manusia tetap harus mempelajari etika, sebagaimana di dunia nyata.

Sebab, kata Fathul, dunia digital adalah dunia kedua, di mana seseorang juga harus memiliki tata krama dan etika. “Kita tidak hidup sendirian di dunia ditigal, ada banyak kepala, ada banyak perasaan, yang mereka juga punya standar kode etik sendiri,” tutur Fathul.

Sebagai pemateri ketiga, Irfan L Sarhindi, membawakan tema tentang “Jarimu, Harimaumu: 5 Alasan Kenapa Netizen Indonesia ‘Jahat’, 6 Alasan Kenapa Main Medsos Butuh Etika dan Empati”.

Baca juga:  Cakap Digital Jadi Bekal Hadapi Perubahan

Irfan mengawali sesinya dengan hasil survei Microsoft yang menyebut warganet Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Salah satu alasan mengapa orang di dunia maya bisa berbeda dari dunia nyata adalah dunia digital menawarkan sensasi ‘berteriak di hutan’ yang membuat seseorang merasa sendirian sekaligus didengarkan.

“Alasan lainnya adalah sensasi anonimitas, kekaburan batasan, tempat pelampiasan, dan menawarkan cuan dengan jalur viral,” katanya.

Adapun Budhy Nurgianto sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema mengenai “Jaga Jejak Digital Kita”. Budhy memastikan, jejak digital adalah hal yang tidak bisa dihindari setiap pengguna internet.

Ada beberapa tips untuk menjaga jejak digital, seperti mengelola privasi, memperhatikan apa yang akan dibagikan, tidak sembarang membagi informasi pribadi, dan selektif dalam berhubungan di media sosial. “Gunakan nama asli untuk akun profil. Ini akan membantu publik jika terjadi aksi kejahatan,” tegasnya.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Salah satu peserta, Keyzia Yolanda, bertanya tentang apa saja yang perlu diperhatikan agar menjadi warga masyarakat yang baik dalam bermedia sosial. Menurut Fathul, beberapa di antaranya adalah menjaga etika dan bersikap empati.

Baca juga:  Tiga Strategi Literasi Dakwah di Era Digitalisasi Ala Siberkreasi

Dalam acara tersebut, panitia memberikan uang elektronik senilai masing-masing Rp100.000 bagi sepuluh penanya terpilih.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta.

Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual dan gratis mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Komentar