oleh

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Hashtagnews.id – Air Susu Ibu (ASI) eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi dan tidak menerima makanan tambahan lainnya selama enam bulan pertama kelahiran dan dilanjutkan sampai usia dua tahun.

Penulis: Devi Darwin, S.ST., M.Keb & Sri Devi Syamsuddin, S.ST., M.Keb.

ASI eksklusif yang diberikan pada 6 bulan pertama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi.

ASI menjadi makanan terbaik bagi bayi. Kandungan zat gizi yang terdapt di dalam ASI dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kandungan yang terdapat dalam ASI mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan mineral yang diperlukan bayi dalam jumlah seimbang.

Adapau manfaat ASI eksklusif bagi bayi adalah:

  • ASI meningkatkan daya tahan tubuh bayi. ASI adalah cairan hidup yang mengandung zat kekebalan yang akan melindugi bayi dari berbagai penyakit infeksi bakteri, virus, parasit dan jamur.
  • ASI sebagai nutrisi. ASI merpakan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi yang seimbang dengan kebutuhan pertumbuhan bayi.
  • ASI meningkatkan jalinan kasih sayang. Kontak kulit dini akan berpengaruh terhadap perkebangan bayi. Walaupun seorang ibu dapat memberikan kasih saying dengan memberikan susu formula, tetapi menyusui sendiri akan memberikan efek psikologis yang besar. Perasaan aman sangat penting untuk membangun dasar kepercayaan bayi yaitu dengan mulai mempercayai orang lain (ibu), maka selanjutnya akan timbul rasa percaya diri pada anak.
  • Mengupayakan pertumbuhan yang baik. Bayi yang mendapat ASI mempunyai kenaikan berat badan yang baik setelah lahir, pertumbuhan setelah periode perinatal yang baik dan mengurangi kemungkinan obesitas.

Frekuensi menyusu yang sering juga dibuktikan bermanfaat karena volume ASI yang dihasilkan lebih banyak sehingga penurunan berat badan bayi hanya sedikit.

Selain bermanfaat bagi bayi, ternyata ASI eksklusif juga memiliki manfaat bagi sang Ibu, yaitu:

  • Mengurangi kejadian kanker payudara. Pada saat menyusui hormone esterogen mengalami penurunan, sementara itu tanpa aktivitas menyusui, kadar hormone esterogen tetap tinggi dan inilah yang menjadi salah satu pemicu kanker payudara karena tidak adanya keseimbangan hormone esterogen dan progesterone.
  • Mencegah perdarahan pasca persalinan. Perangsangan pada payudara ibu oleh hisapan bayi akan diteruskan keotak dan ke kelenjar hipofisis yang akan merangsang terbentunya hormone oksitosin. Oksitosin membantu mengkontraksikan kandungan dan mencegah terjadinya perdarahan paca persalinan.
  • Mempercepat pengecilan kandungan. Sewaktu menyusui terasa perut ibu mulas yang menandakan kandungan berktraksi da degan demikian pengecilan kandunga teradi lebih cepat.
  • Dapat digunakan sebagai metode KB sementara. Meyusui secara eksklusif dapat mejarangkan kehamilan. Ratarata jarak kelahira ibu yag meyusui adalah 24 bulan sedangkan yang tidak menyusui adalah 11 bulan.
  • Mempercepat kembali ke berat badan semula. Selama hamil, ibu meimbun lemak dibawak kulit. Lemak ini akan terpakai utuk membetuk ASI, sehigga apabila ibu tidak menyusui, lemak tersebut akan tetap tertimbu di dalam tubuh.

Itulah beberapa mafaat dari ASI eksklusif baik bagi sang bayi maupun bagi Ibu itu sendiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Catatan: Materi ini disampaikan pula pada kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 16 November 2019 oleh penulis sendiri.

Komentar

Hashtag Feed