Nama yang Isi Kabinet Prabowo-Gibran Diumumkan 20 Oktober

Nasional4848 Dilihat

Nasional – Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, nama kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan diumumkan 20 Oktober mendatang.

Dasco mengungkapkan bahwa nama kabinet itu akan langsung diumumkan oleh Ketua Umum Prabowo.

“Nama kabinet akan disampaikan oleh Pak Prabowo sendiri pada saat pengumuman nama-nama kabinet pada tanggal 20 Oktober,” kata Dasco, Selasa (8/10).

Lebih lanjut, perihal kader PDIP masuk ke jajaran kabinet, Dasco meminta agar seluruh pihak menunggu. Sebab, saat ini tengah fokus mempersiapkan pelantikan presiden dan wakil presiden.

“Proses dengan PDIP ini belum ada pembicaraan-pembicaraan mengenai nama-nama yang akan masuk atau kemudian bagaimana nanti sikap PDIP terhadap pemerintahan yang baru secara resmi,” ujar dia.

Baca juga:  Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilgub Jakarta 2024 Dikawal 12 Partai

“Nah, karena itu kami minta kepada para pihak untuk menunggu saja perkembannganya sambil kami fokus pada pelantikan,” imbuh Dasco.

Pada Senin (7/10) kemarin, Dasco memastikan saat ini Prabowo masih sibuk mengkaji Keppres terkait penyusunan.

“Pada saat ini, Pak Prabowo masih sibuk menyusun, mengkaji Keppres kementerian-kementerian yang sebentar lagi sudah pada saatnya akan diumumkan,” tuturnya.

Utak atik komposisi Menteri terus difinalisasi. Prabowo dikabarkan ingin mengakomodir seluruh orang-orang yang berjuang bersama memenangkannya Pilpres 2024. Baik dari partai politik, profesional hingga relawan.

Beberapa sumber di KIM mengungkapkan, pos-pos Menteri koordinator hampir pasti menjadi milik ketua partai umum KIM. Zulkifli Hasan akan diberi jabatan Menko Perekonomian. Jabatan Zulhas sebelumnya di Kabinet Jokowi adalah Menteri Perdagangan.

Baca juga:  Pertaruhan Darwis Ismail: Genggam Suara Kemajuan Daerah Menuju Senayan

Bahlil Lahadalia mengisi posisi Menteri ESDM, mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra di pos baru Kementerian yakni Menko Hukum dan HAM.

Sementara itu, Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diberi tugas baru memimpin pos Menko Infrastruktur. Jabatan AHY sebelumnya di Kabinet Jokowi adalah Menteri ATR/BPN. AHY akan bersinergi dengan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya yang mendapatkan pos Menteri Pekerjaan Umum. (*)

Komentar