oleh

Vaksinasi di Youth Expo KNPI, Cendrana: Sehatkan dan Gerakkan Ekonomi Masyarakat

Palopo – Gelaran vaksinasi yang diadakan KNPI Palopo di lokasi Youth Expo KNPI 2022 direspon baik oleh sejumlah kalangan pada hari keenam. Vaksinasi booster yang tersedia di acara ini per hari diikuti sedikitnya 40 hingga 50 orang.

Kehadiran masyarakat mengikuti vaksiansi ini bukan hanya karena ingin menikmati wahana yang disediakan, lantaran setiap proses vaksinasi gratis tiket masuk wahana oleh panitia, melainkan kesadaran untuk melengkapi vaksinasi mencegah penyebaran virus Covid-19.

Terpantau, Senin 13 Juni 2022, anggota DPRD Kota Palopo, Fraksi Demokrat, Cendrana turut ambil bagian dalam vaksinasi tersebut. Tampak ia turut antri bersama warga di lokasi itu.

“Saya vaksin booster,” singkat Cendrana, disela-sela kegiatan kemarin. Di hari pertama hadir juga tokoh masyarakat tana Luwu, Palabiran Kanna yang juga melakukan vaksinasi dan beberapa tokoh masyarakat, pemuda yang ada di Kota ini. Sedikitnya sudah ada 300 orang yang telah menhikuti vaksinasi tersebut.

Ia memberikan respon positif terhadap kegiatan ini. Menurutnya sangat bermanfaat kepada masyarakat. “Itu karena dengan kegiatan ini masyarakat bisa membangkitkan kembali perekonomian mereka pasca pandemi berlalu, saya melihat antusiasme masyarakat itu nampak terlihat di arena youth expo 2022 yang tiap malam di hadiri ribuan orang,” katanya.

Menurut Cendrana selain adanya wahana bermain anak dan wisata kuliner, panitia youth expo 2022 juga menyiapkan fasilitas vaksinasi gratis untuk masyrakat.

“Saya pribadi menikamati fasiilitas itu, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia youth expo 2022. Semoga kegiatan ini tetap berjalan aman dan sukses untuk kepentingan masyarakat luas,” ungkapnya.

Youth Expo KNPI 2022 yang dilaksanakan KNPI Palopo ini memang dirancang untuk menghadirkan hiburan bagi masyarakat tana luwu di kota ini, menggerakkan ekonomi masyarakat yang selama ini vakum.

Antusiasme itu terlihat dari banyaknya UMKM yang terlibat di kegiatan yang berlangsung kurang lebih tiga pekan ini.

Menurut Ketua Panitia, Azmar, sedikitnya 100 UMKM yang ambil bagian, sebahagian besar UMKM ini adalah masyarakat Palopo.

“Harapan kita selain untuk menggerakkan ekonomi masyarakat bergerak pasca pandemi konsep kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk bangkit dan bebas dari Corona dengan mengikuti vaksinasi,” ucapnya.

Sebanyak kurang lebih 100 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjualan di lokasi itu, mulai dari usaha kuliner, pakaian, asesories handphone, mainan anak dan beberapa usaha lainnya.

Sampai hari kelima pada Sabtu, 11 Juni 2022, trafik pengunjung diperkirakan sudah mencapai kurang lebih 10 ribu sejak dibuka hari selasa, lalu.

Pada edisi weekend, kemarin pengunjung diperkirakan di angka 5.000 orang dan diperkirakan selama 5 hari sepanjang kegiatan transaksi perdagangan di lokasi ini sudah mencapai Rp1 Miliar.

Berdasarkan penelusuran media ini, edisi weekend transaksi di stand ada yang mencapai Rp1 jutaan bahkan lebih, pada weekday berkisar Rp500 ribu dari jam 4 sore hingga pukul 23:30 wita.

Terlihat hadirnya event ini membuat gerak ekonomi di Kota Palopo menjadi baik, pasca pandemi dimana penyelenggaraan even tentu memberikan efek terhadap sejumlah usaha yang terkait dengan itu.

Tidak hanya yang berada dalam lokasi even saja, usaha usaha lainnya pun terdampak, misalnya perhotelan, bahan makanan, tenda, percetakan dan sebagaiunya.

“Hal ini tentu sangat diharapkan masyarakat pelaku usaha, bagaimana ekonomi bisa bergerak, setelah sekian lama vakum karena situasi pandemi. KNPI Palopo menggelar event ini untuk turut andil dalam dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat dimana ini adalah salah satu bentuk kontribusi pemuda dalam pembangunan daerah,” kata Umar, Ketua KNPI Palopo.

Even Youth Expo KNPI 2022 ini akan berlangsung hingga 25 Juni mendatang. Ragam acara juga dalam lokasi itu, misalnya live musik, pertandingan domino, Zonkpress, Zumba, konsolidasi pemuda, donor darah dan vaksinasi tersebut.(*)

Komentar