Upaya Tingkatkan Kualitas Pendidikan, IAIN Palopo MoU dengan UIN Suarabaya & UIN Malang

Pendidikan29 Dilihat

Palopo – Perkuat komitmen Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN Palopo menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor IAIN Palopo Dr Abbas Langaji MAg dan Rektor UIN Surabaya Prof Akh Muzakki MAg MPhil PHD (27/10/2023) di ruang Rapat Wakil Rektor III Rektorat UIN Surabaya, dan Penandatanganan MoU Rektor IAIN Palopo dengan Rektor UIN Malang Prof Dr H Zainuddin MA (28/10/2023) di Gedung Sport Center UIN Malang.

Melalui MoU ini, IAIN Palopo menggandeng kedua UIN tersebut bekerja sama dalam berbagai bidang yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta kerja sama yang lain yang disepakati.

Dalam bidang pendidikan, kerja sama akan dilakukan dalam pengembangan kurikulum, MBKM yaitu pertukaran mahasiswa dan dosen, pendampingan sertifikasi dan akreditasi serta pengembangan program studi.

Sementara itu, dalam bidang penelitian, akan bekerja sama dalam pelaksanaan penelitian bersama, pengembangan pusat penelitian, dan pertukaran informasi tentang riset yang sedang dilakukan. Kerja sama ini juga akan dilakukan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat pada pemberdayaan masyarakat.

Rektor IAIN Palopo Abbas Langaji mnyebutkan, MoU ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi yang dipimpinnya. “Kerja sama ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita,” katanya.

Rektor berharap dalam kerja sama ini bisa memaksimalkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta kerja sama lain yang disepakati.

Rektor UIN Surabaya Prof Akh Muzakki MAg MPhil PHD menyambut baik kerja sama dengan IAIN Palopo, ia menilai kerja sama ini memiliki potensi yang besar.

“Kerja sama ini akan membawa manfaat yang besar bagi kedua perguruan tinggi dan masyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan yang baik itu, setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan diskusi antar perguruan tinggi dalam rangka optimalisasi dan menentukan bentuk kegiatan yang akan diimplementasikan ke depannya.

Penandatanganan itu, Rektor Abbas turut didampingi Wakil Rektor III IAIN Palopo Dr Mustaming MHi, Wakil Dekan III FUAD, Wadek III FTIK dan Wadek III Fakultas Syariah serta para jajaran pimpinan pihak UIN Surabaya dan UIN Malang.

Komentar