oleh

Uji Profesionalisme dan Moderasi Beragama, ASN IAIN Palopo Antusias Ikuti CAT-IPMB

Palopo – Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar Survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia berbasis Computer Assisted Test (CAT) pada hari Selasa 27 Desember 2022.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo merupakan salah satu dari 1.160 titik lokasi tes di seluruh Indonesia. Tes ini dilakukan untuk mengetahui Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama di semua lembaga naungan Kemenag RI.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas melalui video saat membuka acara secara Zoom-Meeting, mengatakan bahwa pelaksanaan CAT IPMB tersebut wajib diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Agama.

Menag Yaqut mengharapkan, semoga dengan assessment ini akan menambah mutu dan kualitas kinerja seluruh ASN Kementerian Agama RI, serta dapat memberikan pelayanan prima kepada publik.

Kepala Biro AUAK IAIN Palopo H. Anwar Abubakar, S.Ag., M.Pd. sekaligus sebagai Ketua Panitia CAT IPMB IAIN Palopo saat meninjau proses pelaksanaan CAT IPMB menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya CAT IPMB dengan baik.

“Alhamdulillah, CAT IPMB ASN IAIN Palopo dapat berjalan dengan baik, terimakasih atas dukungan berbagai pihak. Terkhusus Panitia Pusat yang sangat luar biasa yg tak kenal waktu merespon dan memberikan arahan kepada seluruh satker termasuk IAIN Palopo” tutur Anwar.

Senada disampaikan oleh sekretaris panitia Mattuju bahwa kelancaran pelaksanaan CAT IPMB ASN IAIN Palopo berkat dukungan pimpinan IAIN Palopo dan kerja sama semua pihak dalam hal ini Panitia Pusat, panitia satker dan ASN IAIN Palopo yang sangat antusias mengikuti CAT ini termasuk mengikuti simulasi selama 3 (tiga) hari, “Setiap hari dibuka 2 (dua) sesi yakni pagi dan sore. Terima kasih atas dukungan semua pihak” ucap Mattuju.

CAT IPMB tilok IAIN Palopo diikuti sebanyak 198 orang. 194 orang merupakan ASN IAIN Palopo dan 4 orang di antaranya ASN dari luar IAIN Palopo. Pelaksanaan tes dibagi tiga sesi, yaitu pada sesi pertama 66 peserta, pada sesi kedua 67 peserta tiga dan sesi tiga 65 peserta.

Beberapa orang ASN IAIN Palopo juga mengikuti CAT IPMB di satker lain karena sedang Dinas Luar sehingga mencari titik lokasi terdekat pelaksanaan CAT.

Turut meninjau proses CAT IPMB Wakil Rektor I, Dr.H. Muammar Arafat, MH didampingi Analis Kepegawaian Muda IAIN Palopo, Kaimuddin, M.Pd. (jn/iQ)

Komentar