oleh

Tips Pijat Bayi untuk Meningkatkan Imunitas Dimasa Pandemi Covid 19

Hashtagnews.id – Setiap ibu pasti mendambakan memiliki buah hati yang sehat dan tidak sering sakit-sakitan. Bayi yang sehat akan mempengaruhi masa depannya sehingga ia akan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Penulis: Samsinar, S.ST., M.Kes  dan Sri Devi Syamsuddin, S.ST., M.Keb.

Factor yang mempengaruhi bayi sehat adalah system imunitas yang dimilikinya. System imunitas yang baik akan membuat bayi kebal terdap berbagai macam penyakit yang menyerangnya. Untuk meningkatkan system imunitas pada bayi dapat dilakukan dengan menggunakan terapi pijat bayi. 

Menurut beberapa penelitian yang telah teruji, manfaat dari pijat bayi adalah dapat meningkatkan system kekebalan tubuh atau imunitas pada bayi. Dengan pijatan maka akan meningkatkan level dari antibody atau immunoglobulin G (IgG), immunoglobulin A (Ig A) dan immunoglobulin M (Ig M) pada bayi, sehingga bayi menjadi sehat.

Selain itu terapi pijat bayi juga dapat meningkatkan nafsu makan dan berat badan naik lebih cepat sehingga akan mengakibatkan peningkatan system imun sehingga bayi menjadi sehat.

Berikut persiapan memijat bayi yang benar dan aman untuk Anda praktikkan, dirumah yaitu:

  • Pertama-tama, siapkan alas pijat berupa handuk atau kain lembut serta popok kain atau popok sekali pakai untuk diganti setelah dipijat.
  • Supaya bayi lebih rileks, Anda bisa menutup tirai atau meredupkan sedikit lampu ruangan agar cahayanya tidak terlalu menyilaukan.
  • Pastikan juga bahwa suhu ruangan cukup hangat karena Anda harus melepas selimut dan pakaian bayi selama ia dipijat.
  • Perhatikan reaksi bayi Anda terhadap gerakan pijatan. Bayi akan menangis atau merengek kalau merasa tidak nyaman.

Pijat bayi biasanya tidak akan memakan waktu lebih dari 15 menit. Anda bisa menghentikan pijatan kalau si kecil memang tidak menyukai sensasinya. Adapun teknik memijat bayi yang benar adalah sebagai berikut, namun sebelum melakukan pemijatan baiknya gunakan baby oil sebagai pelumas agar kulit bayi tidak iritasi.

Memijat bagian wajah

Untuk memijat bagian wajah yang pertama adalah tekan dengan menggunakan jari Anda dari mulai kening ke arah pelipis dan pipi. Lalu, pijat bagian atas alis dengan menggunakan ibu dan berikan tekanan yang lembut tarik garis dari arah hidung ke arah pipi.

Memijat bagian dada

Setelah Anda memijat bagian wajah maka selanjutnya pijat pada bagian dada yang bisa Anda lakukan dengan kedua tangan di atas dada bayi selanjutnya gerakan ke arah atas lalu ke samping memutar kembali lagi ke tengah membentuk simbol hati. Dari tengah dada bayi Anda bisa membuat pijatan lembut dengan arah silang dengan menggunakan telapak tangan Anda ke arah bahu bayi.

Memijat bagian perut

Selanjutnya Anda bisa memijat bagian perut , namun hati-hati saat memijat Bayi baru lahir agar tetap menjaga kebersihan tali pusat. Dan perlu diperhatikan lagi untuk tidak memijat bagian atas tulang rusuk atau ulu hati.

Anda bisa memulainya dengan gerakan seperti mengeruk perut bayi mengarah ke bagian bawah perut. Selanjutnya tekuk kaki bayi dan arahkan ke arah perut dan selanjutnya buat gerakan melingkar bergantian di atas perut searah jarum jam. Rasakan gelembung angin yang ada di dalam perut bayi, lalu dorong dengan menggunakan hari searah dengan jarum jam.

Memijat bagian lengan

Setelah Anda memijat perut, selanjutnya bisa memijat lengan bayi dengan cara gerakan seperti lilin untuk memijat lengan dari mulai baju hingga sampai di pergelangan tangan, Selanjutnya Anda bisa mengulangi cara tersebut dengan berbalik arah dari pergelangan ke arah bahu.

Memijat bagian kaki

Selanjutnya memijat kaki bayi. Pegang kaki dengan telapak tangan dan gunakan gerakan memilin dari mulai paha bayi ke arah pergelangan kaki bayi dan selanjutnya bisa dilakukan kebalikannya dari pergelangan ke arah paha.

Memijat bagian punggung

Terakhir, posisikan bayi tengkurap di bantal, gerakan tangan maju mundur ke punggung lakukan gerakan meluncur dari bawah leher ke pantat, gerakan melingkar pada otot samping tulang punggung dan usapkan telapak tangan Anda dari mulai bawah leher sampai ke bawah.

Itu tadi beberapa cara memijat bayi yang benar dan aman yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah khususnya pada masa pandemic seperti saat ini. Selain untuk meningkatkan imunitas bayi,anda juga bisa menambah keterikatan mental dan batin dengan bayi Anda.

Memijat bayi memang sangat bermanfaat apalagi untuk bayi yang sudah mulai belajar untuk miring, tengkurap, mulai merangkak atau sudah belajar berdiri dan berjalan yang mana aktivitas mereka akan semakin banyak dan bisa membuat otot-otot bayi menjadi tegang.

Catatan: Materi ini disampaikan pula pada kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 8 Mei 2021oleh penulis sendiri.

 

 

 

Komentar

Hashtag Feed