Tangkal Radikalisme, Dema IAIN Gandeng Polres Palopo Gelar Dialog Kebangsaan

Hashtagnews.id – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) IAIN Palopo menggelar Safari Ramadhan, dirangkaikan dengan Dialog Kebangsaan, yang bertema ‘Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme dan Terorisme’, di Kampus IAIN Palopo, Sabtu (24/4/21).

Kegiatan tersebut, dilaksanakan Dema IAIN Palopo, bekerjasama dengan Rumah Moderasi Beragama, dan Polres Palopo, sebagai salah satu usaha dalam menangkal isu radikalisme di Kota Palopo.

Dalam sambutan Presma IAIN Palopo, Muhaimin Ilyas, menyampaikan komitmen berbangsa dan bernegara itu penting agar kecintaan seorang warga negara tidak mudah luntur.

“Dengan pemahaman radikalisme yang dapat menggeser nilai-nilai toleransi beragama, kita tangkal dengan menguatkan kajian-kajian keislaman dan keidonesiaan secara rutin,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abdul Pirol mengatakan bahwa kelembagaan mahasiswa perlu diapresiasi bila melaksanakan kegiatan yang sifatnya produktif.

“Apalagi kampus IAIN Palopo sudah terbentuk lembaga Rumah Moderasi Beragama, jadi kita manfaatkan lembaga ini sebagai agent perubahan dalam berbangsa dan bernegara,” ungkapnya saat membuka kegiatan.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri langsung Kapolres Palopo sebagai narasumber, dan tim instruktur Rumah Moderasi Beragama, dan Wakil Rektor III IAIN Palopo.

Kegiatan berlangsung dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, demi pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Komentar