oleh

Siap-siap! Proyek Strategis Jokowi Perkirakan Mampu Buka 1,9 Juta Lapangan Kerja

HASHTAGNEWS.ID – Proyek strategis nasional (PSN) yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan mampu membuka 1.952.396 lapangan pekerjaan dari 2020 hingga 2024.

“1,9 juta orang ini yang bisa diserap lapangan kerjanya yang ditimbulkan akibat mempercepat proyek proyek strategis nasional,” kata Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo dalam acara Akselerasi Pelaksanaan PSN untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi, Rabu (15/12/2021).

Terbukanya lapangan pekerjaan dari PSN tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Tentu proyek strategis nasional ini diharapkan mampu mendorong penyerapan tenaga kerja pasca pandemi COVID-19.

“Ini menjadi kunci karena di saat pasca pandemi ini maka isu yang penting harus kita tangani adalah masalah penyerapan tenaga kerja, sehingga kami yakin kalau PSN ini masih kita dorong terus dengan kecepatan yang bisa kita tingkatkan kita harapkan penyerapan tenaga kerja pun bisa lebih banyak,” jelasnya.

Sementara ini pihaknya sedang menghitung angka pasti tenaga kerja yang sudah diserap dari PSN sejak 2016 sampai 2020. Sedangkan menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, tenaga kerja yang sudah berhasil diserap dari PSN baik secara langsung maupun tidak langsung sebanyak 11 juta orang.

“Di tengah keadaan pandemi, proyek strategis nasional yang sudah selesai menciptakan lebih dari 11 juta tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung,” tutur Airlangga.

Sejak 2016, telah rampung 124 proyek strategis nasional. Capaian tersebut diperoleh hingga November 2021. Total nilai investasinya mencapai Rp 626,1 triliun, melibatkan pendanaan dari badan usaha swasta, badan usaha milik negara (BUMN) dan APBN.

Komentar

Hashtag Feed