oleh

Selangkah Lagi, IAIN Palopo Beralih Status ke Universitas Islam Negri

Hashtagnews.id – Proses peralihan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo ke Universitas Islam Negri (UIN), sudah di depan mata.

Diketahui, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesi (RI) kini melakukan visitasi alih status kelembagaan di IAIN Palopo, Rabu (10/3/21).

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 9 hingga 11 Maret 2021 ini, dihadiri tim Diktis, Dr. Mamat S. Burhanuddin, M. Ag. (Kasubdit Ketenagaan Diktis) dan Alip Nuryanto, S. Sos., I, M. Hum. (Staf Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Diktis).

Pada kesempatan ini, Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, M. Ag., berharap dukungan dari seluruh mahasiswa dan juga masyrakat Luwu, untuk IAIN Palopo sebagai salah satu Perguruan Tinggi Islam yang melahirkan pemahaman keagamaan yang sesuai dengan visi NKRI. “Upaya itu juga diperkuat dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal,” terangnya.

IAIN Palopo, juga telah mendapat dukungan alih status IAIN Palopo menuju UIN dari Walikota Palopo, Bupati Luwu, Bupati Luwu Utara, Luwu Timur, dan Bupati Morowali.

Para pimpinan daerah tersebut mendukung alih status kelembagaan yang sedang diajukan.

Sementara itu, Dr. Mamat S. Burhanuddin, M. Ag, selaku koordinator tim menegaskan bahwa Kementerian Agama berkomitmen melahirkan Universitas Islam yang berkualitas dan unggul hingga berstandar Internasional.

Kasubdit Ketenagaan Diktis ini, menjelaskan tujuan visitasi adalah untuk melakukan pengecekan data secara riil di lapangan.

“Hasil visitasi diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi Kementerian Agama dalam tahapan alih status kelembagaan IAIN Palopo menuju UIN Palopo,” tutur Dr. Mamat.

Dirinya juga menegaskan bahwa UIN bukanlah tujuan akhir, tetapi awal perjuangan untuk melaksanakan pendidikan tinggi yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Diketahui, kegiatan visitasi yang berlangsung tiga hari juga tetap menerapkan protokol kesehatan.

(Rahmat Ikhsan)

Komentar

Hashtag Feed