Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilgub Jakarta 2024 Dikawal 12 Partai

Nasional12913 Dilihat

Nasional – Sebanyak 12 partai politik secara resmi menyatakan dukungan kepada Ridwan Kamil dan Suswono sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk Daerah Khusus Jakarta periode 2024-2029.

Deklarasi tersebut diadakan pada Senin sore, 19 Agustus 2024, di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta.

Dua belas partai yang mendukung RK-Suswono antara lain Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Golongan Karya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Persatuan Indonesia, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, membacakan piagam dukungan untuk RK-Suswono.

“Dengan mengharap rahmat Allah SWT, Tuhan YME, pada hari ini, Senin, 19 Agustus 2024, kami partai politik yang tergabung dalam koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju menyatakan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Khusus Jakarta Tahun 2024 serta siap memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono menjadi gubernur dan wakil gubernur DKJ periode 2024-2029. Demikian surat dukungan ini kami buat. Atas pernyataan dan kerja samanya kami mengucapkan terima kasih,” ungkap Muzani.

Baca juga:  Karang Taruna Dapat Tugas dari Presiden Jokowi

Selanjutnya, para sekjen maupun plt sekjen dari 12 partai politik yang hadir menandatangani piagam dukungan tersebut.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus, menyatakan bahwa Jakarta membutuhkan pemimpin dan wakil pemimpin yang kuat di tengah proses transisi ibu kota dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur.

“Melihat rekam jejak Kang Emil sebagai Gubernur Jawa Barat, kita tentu tidak meragukannya. Selain itu, kita membutuhkan pendamping dengan pengalaman di pemerintahan pusat. Pak Suswono, yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian, adalah sosok yang tepat. Kombinasi ini mencakup nasionalisme dan unsur keagamaan, yang menurut saya sangat baik,” katanya.

“Racikan ini sangat bagus. Mudah-mudahan setelah IKN terbentuk dan keluar perpres terkait hal itu, mereka bisa membawa Jakarta yang baru ini menjadi Jakarta yang maju. Hal ini akan tercapai jika 12 partai yang mendukung Kang Emil dan Pak Suswono memberikan dukungan dengan baik,” lanjutnya.

Baca juga:  Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini Alasan Perludem Tolak Pemilu Tertutup

Presiden PKS, Ahmad Syaiku, mengharapkan agar kesepakatan ini menjadi awal dari soliditas untuk mewujudkan Jakarta Baru, Jakarta Maju. “Siap melakukannya?” tanyanya, yang dijawab siap oleh peserta yang hadir.

Syaiku juga menitipkan tiga pesan kepada Suswono: cepat namun tidak mendahului, pandai namun tidak menggurui, dan tajam namun tidak melukai.

“Insya Allah, dengan menjalankan program-program pembangunan di DJK secara seiring antara gubernur dan wakil gubernur, hal ini akan berdampak pada partai pengusungnya, dan Insya Allah kursi mereka akan bertambah,” ungkap Syaiku.

“Mari kita berjuang bersama untuk memenangkan Kang Emil dan Suswono. Siap? Mudah-mudahan Allah menakdirkan kemenangan untuk pasangan ini,” tutupnya.

Komentar