Pilkada Palopo 2024, Elektabilitas FKJ-Nur Ungguli Kandidat Lain

Politik2255 Dilihat

Palopo – Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palopo, Farid Kasim Judas dan Nurhaeni, saat ini mencatatkan elektabilitas tertinggi sebesar 19,3%, mengungguli tiga pasangan calon lainnya yang diprediksi akan bersaing dalam Pilwalkot Palopo 2024.

Pada hasil survei ini, elektabilitas FKJ-Nurhaeni hanya sedikit lebih tinggi dibanding pasangan Rahmat Masri Bandaso dan Andi Tenrikarta yang memperoleh 17,9%. Selanjutnya, pasangan Putri Dakka dan Haidir Basir mencatatkan 9,7%, dan di posisi terakhir adalah pasangan Trisal Tahir dan Akhmad Syarifuddin dengan 7,8%.

Terdapat 2,8% responden yang memilih tidak menjawab atau merahasiakan pilihannya, sementara 42,5% belum menentukan pilihan dan 56,0% lainnya belum sepenuhnya mantap dengan pilihannya.

Baca juga:  Surya Paloh Tegaskan Reshuffle Sepenuhnya Hak Jokowi!

Survei yang dilakukan oleh Persepsi Syndicate pada 1-6 Agustus 2024 ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 400 responden, memiliki margin of error +/- 4,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pada segmen kemantapan pilihan, pasangan Rahmat Masri Bandaso – Andi Tenrikarta berada di posisi teratas dengan 14,3% pemilih yang sudah mantap, sedangkan 3,6% masih bisa berubah pikiran. Pasangan Farid Kasim Judas – Nurhaeni berada di posisi kedua dengan 13,8%, dengan 5,5% pemilih yang belum mantap. Pasangan Putri Dakka – Haidir Basir mencatatkan 7,5% kemantapan pilihan, dengan 2,2% masih bisa berubah, dan pasangan Trisal Tahir – Akhmad Syarifuddin memiliki 5,6% pemilih yang mantap, dengan 2,2% pemilih yang masih bisa berubah.

Baca juga:  Bawaslu Serahkan Data Hasil Uji Petik ke KPU Luwu Utara

Menurut Direktur Utama Persepsi Syndicate, Mudatsir Rasid, hasil survei ini menunjukkan bahwa hanya 44,4% pemilih yang sudah mantap dengan pilihannya, sementara 56,0% lainnya masih bisa diperebutkan oleh keempat pasangan calon. Elektabilitas keempat pasangan calon juga masih di bawah 30%, dengan undecided voters sebesar 42,3%, menunjukkan bahwa masih banyak pemilih yang belum menentukan pilihannya.

Mudatsir menambahkan, dalam satu atau dua bulan ke depan, elektabilitas keempat pasangan calon ini masih berpotensi untuk naik, terutama setelah pendaftaran di KPU. Namun, hal ini bisa mengalami stagnasi jika strategi komunikasi dan sosialisasi yang dilakukan tidak inovatif.

Sekretaris Nasdem Palopo, Umar, menyambut baik hasil survei yang mengunggulkan pasangan FKJ-Nurhaeni. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa mereka tidak akan berpuas diri. Seluruh tim, simpatisan, dan relawan akan terus bekerja keras untuk mengkampanyekan pasangan FKJ-NUR.

Baca juga:  Walikota Palopo Hadiri Penyerahan SK Pascasarjana Pertanian Unanda

Umar juga menyampaikan bahwa pasangan FKJ-NUR maju dalam Pilkada Palopo untuk melanjutkan kebaikan yang telah dirintis oleh Walikota Palopo dua periode sebelumnya, HM Judas Amir.

Komentar