Pendaftaran UM-PTKIN 2023 Telah Dibuka, Berikut Pilihan Prodi di IAIN Palopo

Pendidikan7 Dilihat

Palopo – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2023 telah dibuka. Jalur ini untuk lulusan MA/SMA/SMK/sederajat yang lulus tahun 2021, 2022 dan tahun 2023.

Pendaftaran dan Pembayaran 10 April -s.d 15 Mei 2023. Pelaksanaan Ujian 29-8 Juni 2023 dan Pengumuman pada 23 Juni 2023.

Syarat pertama, wajib memiliki ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL). Ijazah dan SKL harus dilengkapi dengan pas foto terbaru dan divalidasi pihak sekolah.

Sehat jasmani dan rohani. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan masing-masing PTKIN.

Peserta bisa memiliki maksimal 3 program studi, 1 prodi bisa dari PTKIN manapun di Indonesia, sementara 2 prodi lainnya harus berasal dari PTKIN yang satu provinsi dengan tempat ujian.

Cetak kartu ujian dan simpan untuk digunakan saat proses seleksi. Ujian SSE akan dilakukan secara daring yang terdiri dari dua tes utama, yaitu:

  • Tes Kemampuan Dasar: Tes Potensi Akademik, Bahasa dan Keislaman.
  • Tes Kemampuan Bidang IPA/ Tes Kemampuan Bidang IPS.

Materi ujian akan dibedakan berdasarkan kelompok ujian dipilih. Bila teman-teman memilih program studi rumpun IPA, maka akan mengerjakan ujian bidang IPA. Begitu pula peserta yang memilih prodi rumpun IPS.

Namun, bebas memilih prodi kelompok IPA atau IPS dengan kriteria maksimal 3 prodi pilihan. Setelah ujian, tunggu pengumuman hasil seleksi.

Komentar