Peluang Cakada Luwu Dapat Rekom PKB, Butuh Dukungan Full DPC?

Hashtagnews.id – Beberapa nama calon kepala daerah (cakada) di Kabupaten Luwu kini bersaing ketat untuk mendapatkan rekomendasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Persaingan ini semakin menarik karena rekomendasi dari PKB bisa menjadi salah satu syarat untuk maju bertarung di Pilkada Luwu 2024, dan bahkan bisa jadi penentu dalam perolehan dukungan di Pilkada mendatang.

PKB sebagai partai yang memiliki basis massa kuat di Luwu dan saat ini memiliki 4 kursi di DPRD. PKB memiliki peran strategis dalam menentukan arah dukungan politik. Oleh karena itu, para cakada yang berlaga dalam pilkada tahun ini sangat berharap bisa mendapatkan rekomendasi dari partai tersebut.

Kemudian untuk mendapatkan rekomendasi dari PKB, para cakada ini tidak hanya harus menunjukkan program yang jelas dan visi yang kuat atau hasil survei, tetapi juga harus mampu mendapatkan dukungan dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Luwu.

Sesuai intruksi DPW dan DPP, DPC PKB Luwu lewat desk pilkada yang terbentuk sebelumnya, mesti memainkan peran penting dalam proses penentuan rekomendasi, DPC harus mampu melihat kekuatan dan kelemahan cakada, serta bagaimana peta politik di Luwu, dan dukungan mereka bisa menjadi kunci keberhasilan para cakada.

Ketua DPC PKB Luwu, Anton dalam beberapa kesempatan, telah menegaskan bahwa partainya akan memilih cakada yang benar-benar memiliki komitmen untuk memajukan Luwu.

“Kami mencari pemimpin yang tidak hanya berjanji, tetapi juga memiliki gagasan yang solutif untuk kemajuan bersama, serta mampu menunjukkan tindakan nyata untuk daerah tercinta Kabupaten Luwu,” ujarnya.

Sekretaris DPC PKB Luwu, Sumarling menambahkan bahwa dengan situasi politik yang semakin dinamis di Luwu hari ini, masyarakat Luwu menantikan siapa yang akan mendapatkan restu dari PKB untuk maju bertarung di pilkada mendatang.

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada PKB Luwu, Sunaryo, menerangkan rekomendasi yang dikeluarkan DPP PKB nantinya tidak hanya akan mempengaruhi peta politik lokal, tetapi juga akan menentukan arah pembangunan Luwu ke depan.

“Tentunya dalam pemetaan yang kami jalankan sebelumnya juga menjadi faktor pendukung untuk DPW dan DPP dalam menilai cakada yang layak untuk mendapatkan rekomendasi. Dan kedepannya, jika rekom sudah keluar, kita di DPC PKB pastinya akan berjuang bersama sampai titik kemenangan itu di depan mata,” tutup Sunaryo.

Diketahui, nama-nama yang sudah uji kelayakan dan kepatutan di DPP PKB saat ini, antara lain Patahudding, Jabbar Idris, Agus Salim, Harbi Syam, dan Amran. Sementara yang akan menyusul di 5 Juni 2024, ada Tabi Pasenggong, Buhari Kahar Muzakkar dan Husmaruddin.

Komentar