oleh

Otomatisasi Tahun 2030, 23 Juta Pekerjaan di Indonesia Bakal Digantikan Robot

Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkapkan data yang pernah dirilis oleh McKinsey dan Company mengenai otomasi dan masa depan pekerjaan di Indonesia.

Laporan tersebut menyajikan hasil kajian tentang pekerjaan yang bakal hilang, muncul, dan berubah di masa depan. Hasilnya, sebanyak 23 juta lapangan pekerjaan di Indonesia diproyeksi akan hilang karena otomasi.

“Dipetakan setidaknya 23 juta pekerjaan akan digantikan oleh teknologi digital dan otomatisasi pada tahun 2030,” ujar Teten dalam Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022, Senin (28/3/2022).

Kabar baiknya, diperkirakan akan muncul 46 juta lapangan pekerjaan baru di saat yang bersamaan dengan hilangnya 23 pekerjaan karena digantikan oleh otomasi.

“Dalam bersamaan 46 juta lapangan pekerjaan baru muncul dalam periode yang sama dan 10 juta pekerjaan betul-betul jenis baru. Dan sektor yang paling menerima manfaat dari teknologi digital ini antara lain health care, manufaktur, dan ritel,” tuturnya

Pemerintah menyikapi kondisi tersebut dengan bersiap menghadapi perubahan lanskap lapangan pekerjaan yang tengah berubah secara signifikan. Dijelaskan Teten akan diselenggarakan working group untuk membahas itu.

“Nah bagaimana mempersiapkan generasi muda Indonesia secara skill dan pola pikir kewirausahaan turut menjadi pertanyaan kunci yang akan kami bahas, kita rumuskan di working group,” tambahnya.

Komentar

Hashtag Feed