oleh

Mari Tumbuhkan PHBS Pada Anak Sejak Dini

Hashtagnews.id – Masa kanak-kanak merupakan priode emas bagi masa tumbuh kembang buah hati kita. Pada masa tersebut juga merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan dengan prilaku-prilaku hidup yang baik, agar nantinya dapat terbiasa dan menjadi budaya yang baik dikehidupannya nanti.

Penulis: Sri Devi Syamsuddin, S.ST.,M.Keb. & Devianti Tandiallo, S.ST.,M.Keb.

Salah satu prilaku yang patut untuk dikenalkan kepada buah hati kita sejak dini adalah Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

PHBS merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

PHBS mencakup perawatan kebersihan kulit kepala dan rambut, mata, hidung, telinga, kuku kaki dan tangan, kulit, dan area genital. Dampak yang terjadi diakibatkan kurangnya kebersihan diri ialah gangguan fisik seperti gangguan integritas kulit, gangguan membrane mukosa mulut, ISPA, infeksi pada mata dan telinga, diare, kecacingan, sakit gigi dan gangguan fisik pada kuku.

Melihat dari dampak yang ditimbulkan sangat buruk bagi kesehatan anak, maka sebagai orang tua, seyogiyanya harus secara dini memperkenalkan dan menerapkan PHBS kepada anak kita.

Pengenalan PHBS tersebut dapat dimulai dari kebiasaan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan dan buangan air. Dengan membiasakan prilaku hidup yang baik pada anak maka secara tidak langsung kita juga telah menciptakan generasi penerus bangsa yang kuat dan hebat dimasa depan.

Catatan: Materi ini disampaikan pula pada kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 23 November 2018 oleh penulis sendiri.

 

 

Komentar

Hashtag Feed