oleh

Jangan Takut Berkarya, Dekranasda Kolut Siap Bantu Pasarkan Produk Lokal

Hashtagnews.id – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kolaka Utara, kini telah menyediakan galeri kerajinan lokal untuk masyarakat Kolaka Utara.

Galeri Dekranasda yang ditempatkan di bundaran Suawindu Lasusua tersebut, telah diresmikan oleh Bupatu Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, pada Senin (5/4/21) waktu lalu.

Menurut Bupati Drs. H. Nur Rahman Umar, kendala keberadaan produk lokal sebelumnya adalah pasar untuk menjual. Namun, dengan hadirnya Dekranasda tersebut, nantinya bekerja sama dengan instansi terkait, akan mempermuda melakukan promosi, dan memfasilitasi penjualan produk lokal Kolaka Utara, sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kolut A. Nurhayani Nur Rahman, mengatakan tujuan dari pengadaan galeri itu untuk menampung dan membantu pemasaran segala bentuk produk kerajinan masyarakat lokal, di seluruh wilayah Kolaka Utara.

“Untuk sementara, pasaran kita masih seputaran wilayah Kolaka Utara, karena galeri juga baru kita buka, dan kita juga akan mencari pasaran dengan bekerjasama dengan dinas Perdagangan,” katanya.

Juga dikatakan, bahwa saat ini terdapat puluhan jenis produk kerajinan yang telah dipamerkan oleh Dekranasda Kabupaten Kolaka Utara, di Galeri Kerajinan.

“Saat ini ada sekitar 50 UKM yang kita bina yang tersebar di 15 Kecamatan, dan 90 produk yang dipamerkan dan dijualkan dalam galeri, seperti kuliner dan kerajinan tangan,” terangnya.

Sumber: Web berita.kolutkab.go.id

Ia juga berharap, dengan adanya galeri tersebut, segala roduk lokal Kolaka Utara akan dikenal luas.

“Sehingga, jika orang-orang atau wisatawan ingin membeli oleh-oleh Kolaka Utara, tinggal datang ke galeri Dekranasda,” harapnya.

Diketahui, Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi, mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

Galeri Dekranasda Lasusua, terbuka untuk umum masyarakat Kolaka Utara, yang memiliki kerajinan maupun kuliner yang ingin dijual, Dekranasda juga siap menerima dan membantu memasarkan.

Komentar

Hashtag Feed