oleh

Jangan Salah Cara, Ini Tips Ampuh Dapatkan Beasiswa Incaran Kamu

Hashtagnews.id – Beasiswa merupakan tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan dana dalam menempuh pendidikan.

Beasiswa mempunyai banyak ragam jenis jadi, tidak semua jenis beasiswa bisa didapatkan. Dilansir dari laman Kompas.com, ada bebera tips cara mencari beasiswa untuk kamu yaitu :

1. Mencari info beasiswa dari sumber terpercaya

Kamu harus cermat dalam mencari info beasiswa baik secara online dan offline Sebab, tidak semua informasi benar-benar menginformasikan beasiswa. Untuk itu, pastikan informasi beasiswa yang kamu peroleh berasal dari situs terpercaya.

Contohnya, situs kampus, perusahaan yang menawarkan beasiswa atau lainnya.

2. Mampu mengenali jenis-jenis beasiswa

Secara umum, ada dua jenis beasiswa yang bisa kamu pilih:

Beasiswa akademik/non akademik

Beasiswa ini, diberikan kepada kamu yang berprestasi baik secara akademik maupun non akademik

Beasiswa bagi yang tidak mampu

Untuk jenis yang ini, diberikan bagi siswa yang secara ekonomi masuk kategori tidak mampu. Seperti, program bantuan pemerintah Kartu Indonesia Pintar (KIP).

4. Mempunyai skill, minat dan pengetahuan yang memadai

Mengenai program studi yang ditawarkan. Biasanya akan ditanyakan mengapa kamu memilih prodi tersebut. Jika jawabanmu tidak meyakinkan, kemungkinan besar kamu tak akan lolos meraih beasiswa tersebut.

Lagipula, jika berhasil meraih beasiswa kuliah kadang kala ada syarat ketat. Misal harus menjaga prestasi (IPK Minimum) selama kuliah. Kalau kamu tidak minat, pasti akan berat menjalaninya.

Informasi yang perlu kamu ketahui antara lain, apa yang dipelajari di prodi tersebut. Keterampilan yang diasah disitu, mata kuliah penting serta pekerjaan yang sesuai untuk lulusannya.

5. Ketahui informasi mengenai kampus yang dituju dan mengapa kamu ingin kuliah disana

Pentingnya info akan kampus yang ingin kamu masuki sangat berpengaruh dengan beasiswa yang kamu kejar Karena, beasiswa kuliah yang kamu peroleh juga bagian dari tanggung jawab kamu nanti yang membuat kamu tidak salah dalam memilih kampus yang relevan dengan beasiswa yang kamu kejar.

6. Mencari tahu tentang institusi atau lembaga yang memberikan beasiswa

Mempunyai pengetahuan akan institusi mmmbuat kamu lebih mudah dalam mencari beasiswa yang sesuai dengan apa yang kamu minati dan kamu lebih mudah untuk melengkapi syarat institusi tersebut .

Misalnya, lembaga X atau perusahaan Z sedang membuka kesempatan beasiswa. Ketahui perjalanan perusahaan atau kredibilitas perusahaannya dulu. Termasuk, alasan mengapa program beasiswa tersebut diberikan mungkin dengan mengetahuinya kamu dapat dengan muda menerima beasiswa tersebut. (Ais)

Komentar

Hashtag Feed