Inilah Daftar Kura-Kura Termahal Tahun Ini

Jika kalian mendengar nama hewan yang satu ini pasti sudah tak asing lagi. Ya namanya kura-kura, hewan yang memiliki tempurung ini ternyata memiliki nilai tinggi. Selain harganya fantastis, ternyata kura-kura memiliki usia yang relatif cukup panjang konon hingga ratusan tahun.

Tak heran jika tempat jual hewan peliharaan reptil seperti kura – kura ini sangat banyak dan mudah didapatkan. Salah satu tempat rekomendasi yang sampai saat ini masih trend adalah exotic market Indonesia.

Namun sebelum anda mulai berbisnis jual kura kura darat dengan pelihara hewan kura-kura, anda haru tahu dulu ada beberapa jenis kura-kura yang bisa dijadikan investasi masa depan. Berikut ini jenis Kura-kura yang bisa dijadikan investasi:

  1. Kura-kura Aldabra Tortoise

Populasi utama dari kura-kura ini ada di pulau Atol Aldabra. Ditempat tersebut dilindungi dari pengaruh manusia dan merupakan rumah bagi sekitar 100 ribu kura-kura raksasa tersebut.

Kura-kura Aldabra mempunyai karapas berwarna coklat kehitam-hitaman dengan dome yang tinggi. Memiliki kaki yang besar dan kekar untuk menopang tubuhnya yang sangat berat. Kura-kura ini mempunyai leher yang sangat panjang digunakan untuk meraih cabang dan ranting pohon sampai ketinggian 1 meter lebih dari tanah.

Kura-kura ini mempunyai ukuran yang mirip dengan kura-kura galapagos. Kura-kura ini dapat mencapai ukuran karapas hingga 1.5 meter dengan berat hingga 300 kg. Ukuran jantan jauh lebih besar daripada betina. Harganya sendiri tergolong paling mahal, dengan ukuran sekepalan tangan saja bisa mencapai Rp. 30.000.000 (Tiga puluh juta rupiah).

  1. Kura-kura Alligator Snapping

Alligator Snapping Turtle memiliki rahang yang sangat kuat dan tonjolan yang berbeda pada cangkangnya yang memiliki penampilan yang mirip dengan kulit aligator yang kasar dan bergerigi. Kura-kura gertakan buaya ditemukan terutama di perairan Amerika Serikat bagian tenggara.

Kura-kura gertakan buaya dicirikan oleh kepala yang besar, berat, dan cangkang yang panjang dan tebal dengan tiga punggung sisik besar (osteodermata), memberikan penampilan primitif yang mengingatkan pada beberapa dinosaurus berlapis, terutama Ankylosaurus .

Di Amerika, anak kura-kura jenis ini dengan ukuran 3 cm dijual dengan harga $ 40 atau sekitar 550.000 rupiah. Ya kalau di Indonesia ada yang jual 1,5 sampai 2 juta dengan ukuran yang sama, masih wajar lah. Namun sayang, sepertinya belum ada yang jual.

  1. Kura-kura African Spurred Tortoise

Kura-kura pacu Afrika ( Centrochelys sulcata ), juga disebut kura-kura sulcata. Spesies kura – kura yang menghuni tepi selatan gurun Sahara di Afrika.

Spesies ini merupakan kura-kura terbesar ketiga di dunia, spesies kura-kura daratan terbesar, dan satu-satunya spesies yang masih ada dalam genus Centrochelys.

Jika sudah dewasa panjang maksimal kura-kura ini mencapai 60 sampai 90 cm. Disebut juga Kura-kura sulcata, jenis kura-kura ini memiliki banyak sekali peminat dan biasanya dijual saat ukuran masih kecil. Dengan kisaran harga 1,5 juta untuk ukuran 6 cm. (*/dirman)

Komentar