oleh

Ingin Apply Visa Jepang Dengan Mudah? Ikuti Cara Ini

HASHTAGNEWS.ID, Apply Visa Jepang Dengan Mudah – Metode mudah dan cepat untuk membuat visa waiver, visa single entry, visa multiple entry serta visa transit dengan list formulir dokumen apply visa Jepang.

Jepang memanglah mempunyai banyak keunikan tempat wisata yang ditawarkan. Mulai dari wisata belanja hingga wisata budaya serta sejarah, Jepang memiliki!

Nyatanya banyak di antara kalian yang menjadikan Negara Sakura Jepang selaku destinasi wisata impian.

Cara Apply Visa Jepang Lengkap Dengan List Formulir Dokumen

Liburan ke luar negara tidak lumayan cuma bermodal bayaran ataupun catatan rencana ekspedisi. 2 perihal awal yang kalian butuhkan buat dapat masuk ke negara asing merupakan paspor serta visa.

Tanpa 2 perihal ini, kalian tidak hendak dapat traveling ke luar negara walaupun persiapan yang lain telah matang.

Nyatanya terdapat sebagian di antara kalian yang masih bingung, gimana sih metode pengajuan visa Jepang dengan gampang serta cepat.

Apabila kamu belum ketahui triknya, cocok banget nih sebab bakal menarangkan metode apply visa Jepang termudah buat kalian.

Buat kasus apply visa Jepang, teman Direktori Wisata wajib cek dahulu tipe paspor yang kamu miliki.

Apakah kalian merupakan pemegang paspor elektronik alias e-paspor? Ataukah malah paspor yang kalian miliki merupakan paspor biasa?

Sebab nanti hendak memudahkan buat pengurusan apply visa Jepang dilihat dari tipe paspor yang kita memiliki.

Terdapat perbandingan terpaut pengajuan visa Jepang buat pemegang e-paspor serta paspor biasa. Buat lebih jelasnya, ikuti ulasan sepenuhnya di dasar ini ya.

Perbedaan dari Visa Waiver dan Visa Biasa

Untuk teman Direkori Wisata masyarakat Negeri Indonesia (WNI) pemegang e-paspor, bisa memohon visa waiver alias fakta pendaftaran leluasa visa jika mau berkunjung ke Negara Sakura.

Tetapi, apa sih kelainannya visa waiver serta visa biasa? Visa waiver ini semacam fakta kalau kita sudah melapor ke Kedutaan Besar Jepang apabila hendak mendatangi negaranya.

Sebaliknya visa biasa merupakan dokumen izin buat merambah sesuatu negeri. Pastinya, perbandingan yang sangat mendasar merupakan pada pengurusannya.

Proses pengurusan visa waiver relatif jauh lebih gampang serta cepat dibandingkan visa biasa. Semudah apa sih buat mengurus visa waiver ini.

Tata Cara Pengajuan Visa Jepang E-Paspor

Untuk teman Direktori Wisata Masyarakat Negeri Indonesia (WNI) pemegang e-paspor, terdapat keuntungan buat kamu yang mau ke Jepang sebab berlaku Fakta Pendaftaran Leluasa Visa (Visa Waiver).

Visa Waiver merupakan program pembebasan visa yang ialah hasil kerja sama antara 2 negeri dengan kebijakan tertentu, semacam durasi kunjungan yang dibatasi.

Sehabis itu, membawa formulir yang sudah diisi lengkap serta e-paspor ke kantor Kedutaan Besar Jepang. Biasanya, perlu waktu 2 hari buat mengurus Visa Waiver ini.

Berikutnya, kalian hendak memperoleh stiker spesial di halaman e-paspormu selaku ciri leluasa keluar masuk Jepang sepanjang 3 tahun.

Butuh diingat, waktu tinggalmu di Jepang dibatasi sepanjang optimal 15 hari sekali kunjungan. Selaku contoh yang bisa dilihat dalam foto di atas tersebut.

Walaupun kadangkala kalian mendengar sebutan “ke Jepang leluasa visa” buat pemegang e-paspor, sesungguhnya senantiasa butuh mendaftarkan e- paspor buat memperoleh Fakta Pendaftaran Leluasa Visa berbentuk stiker yang dapat ditempelkan di e- paspor.

Syarat Untuk Membuat Visa Waiver Jepang E-Paspor

Ketentuan visa waiver Jepang buat pemegang e-paspor cumalah bawa e-paspor serta formulir permohonan visa yang dapat di- download.

Jika telah unduh formulir pengajuan visa waiver, kalian dapat mencetak dokumen tersebut di kertas A4 serta mengisinya selengkap- lengkapnya.

Bila tidak terdapat perlengkapan print di rumah, tidak harus takut sebab kalian tidak butuh pinjam print orang sebelah.

Kalian tinggal mengambil formulir permohonan visa waiver di Kedubes Jepang serta mengisinya dengan bolpoin gelap.

Begitu ketentuan e-paspor serta pengisian formulir telah kalian memenuhi, kalian tinggal menunggu dekat 2 hari kerja buat memperoleh striker visa waiver kalian.

Soal bayaran visa waiver Jepang, biayanya gratis. Kamu dapat juga langsung mendownloadnya lewat kolom di dasar yang dapat pakai.

Lama Pengajuan dan Masa Berlaku Visa Waiver Jepang

Visa waiver diberikan buat kalian yang mau melaksanakan kunjungan pendek ke Jepang, entah itu buat wisata, bisnis ataupun kunjungan keluarga.

Kalian tidak dapat memakai visa waiver buat kunjungan lebih dari 15 hari ke Jepang, Soalnya durasi buat satu kali kunjungan telah dibatasi 15 hari aja.

Bukan berarti sehabis berkunjung ke Jepang 15 hari, visa waiver kalian hangus alias tidak berlaku lagi.

Kalian masih dapat berkunjung ke Jepang hingga 3 tahun ke depan dengan visa waiver yang sama. Dengan ketentuan tiap kali berkunjung, durasi kunjunganmu tidak lebih dari 15 hari.

Perhatikan soal masa berlaku visa waiver. Kalian butuh pula mengecek batasan akhir masa berlaku paspor kalian.

Bila pada bertepatan pada pendaftaran visa waiver masa berlaku e-paspor, sekurang – kurangnya 3 tahun ataupun lebih dari 3 tahun.

Kamu dapat memakai visa waiver tersebut buat wisata ke Jepang hingga 3 tahun ke depan.

Lain lagi jika masa berlaku paspor kalian kurang dari 3 tahun. Kalian tidak dapat bisa full masa berlaku visa waiver yang 3 tahun semacam uraian di atas.

Misalnya nih pendaftaran visa waiver kalian tertanggal 1 Juni 2019, sedangkan masa berlaku paspor kalian habis pada 3 Mei 2020.

Berarti kamu wajib melaksanakan pendaftaran visa waiver ulang dikala e- paspor kalian ubah walaupun masa berlaku visa waiver kalian sepatutnya belum habis.

Metode melaksanakan pendaftaran ulang buat visa waiver Jepang ini pula Tidak sulit. Kalian tinggal bawa e-paspor lama serta e-paspor baru kalian.

Jika tidak dapat bawa e- paspor kalian yang lama, kalian wajib melampirkan pesan penjelasan kehabisan dari lembaga yang berwenang.

Butuh dicatat, kita tidak dapat masuk Jepang gunakan visa waiver yang lama, jika e- paspor kalian telah ubah yang baru.

Cara Apply Visa Jepang Untuk Paspor Biasa

Telah dipaparkan di atas kalau terdapat perbandingan pengajuan visa Jepang buat pemegang e-paspor serta pemegang paspor biasa.

Buat WNI yang mempunyai paspor biasa, kalian tidak dapat melaksanakan pendaftaran visa waiver serta wajib mengurus visa biasa buat dapat masuk untuk mancanegara ke Jepang.

Tempat Membuat Visa Jepang Untuk Paspor Biasa

Metode buat visa Jepang buat paspor biasa dicoba di Japan Visa Application Center (JVAC). Alamat JVAC di Jakarta merupakan di Lotte Shopping Avenue, Lantai 4, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Tidak hanya melayani visa buat paspor biasa, JVAC pula melayani pengajuan visa waiver.

Halaman Direktori Wisata yang terletak di daerah Surabaya, Medan, Denpasar, serta Makassar, Pengajuan visa Jepang senantiasa dicoba di tiap- tiap kantor Konsulat Jenderal Jepang yang terdapat di tiap daerah terpaut.

Syarat Membuat Visa Jepang Untuk Paspor Biasa

Buat kalian yang mempunyai paspor biasa serta mau membuat visa Jepang, berikut ini merupakan syarat- syaratnya.

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa yang dapat kalian download
  • Pass foto terkini 6 bulan terakhir ukuran 4,5×4,5 m dengan latar belakang putih (tanpa latar, bukan editan).
  • Fotokopi KTP atau kartu mahasiswa ataupun kartu pelajar.
  • Bukti pemesanan tiket pesawat PP
  • Agenda ekspedisi ataupun itinerary sepanjang terletak di Jepang.
  • Dokumen undangan bila visa diajukan buat kunjungan keluarga ataupun sahabat.
  • Daftar pemohon visa buat pengajuan visa lebih dari 1 (satu) orang.
  • Melampirkan visa masuk negeri tujuan utama bila cuma mau mengajukan Visa Transit di Jepang. Bila visa yang diajukan bukan Visa Transit.
  • Bukti keuangan (rekening koran / buku tabungan 3 bulan terakhir), apabila pemohon visa yang bertanggung jawab atas bayaran ekspedisi ke Jepang dan pesan dari kantor tempat pemohon bekerja.
  • Bila yang bertanggung jawab terhadap bayaran keuangan merupakan pihak pengundang yang terletak di Jepang, hingga wajib terdapat Pesan Jaminan Keuangan dari pihak pengundang berbentuk Pesan Penjelasan Pembayaran Pajak (nouzei shomeisho), Pesan Pemberitahuan Tahunan ataupun SPT (kakutei shinkokosho hikae), Pesan Penjelasan Pemasukan (shotoku shomeisho), Pesan Rujukan Bank, fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir, serta pesan penjelasan bekerja.

Sehabis seluruh persyaratan dalam metode apply visa Jepang buat paspor biasa ini dipadati, kalian dapat mengajukan seluruh persyaratan ini ke JVAC (buat zona Jakarta) ataupun ke Konsulat Jenderal Jepang di daerah domisili kamu pada hari Senin sampai Jumat.

Buat halaman Direktori Wisata yang hendak mengurus visa ke JVAC, kalian dapat membuat janji kehadiran dahulu via online di web VFS Global.

Biaya Pengajuan Visa Jepang

Buat kalian yang mau membuat visa ke Jepang, per 1 April 2019 bayaran pembuatan visa Jepang berbeda buat jenis visa yang berbeda. Berikut ini rinciannya:

  • Visa Single Entry: Rp380.000,-
  • Visa Multiple Entry: Rp770.000,-
  • Visa Transit: Rp90.000,-

Lama Pengurusan Visa Jepang

Proses pembuatan visa Jepang buat pemegang paspor biasa memerlukan waktu minimun 4 hari kerja serta dapat lebih, bergantung dari kelengkapan dokumen kalian.

Tetapi, mengajukan 2 pekan saat sebelum keberangkatan itu juga rasanya tentu udah deg – degan banget.

Makanya, kalian hendaknya prepare waktu buat pengajuan visa kunjungan Jepang. Serta ingat, waktunnya jangan sangat dekat ya kawan,

Jadi, jika terdapat yang bertanya kapan hendaknya mengajukan visa saat sebelum ke Jepang, jawaban dari persoalan ini sesungguhnya kembali ke tiap – tiap orang.

Buat yang lebih suka terburu – buru plus deg – degan dalam mengurus visa, kalian dapat menghitung waktu pengajuan visa ditambah waktu yang diperlukan buat menunggu hingga visa kalian jadi.

Tetapi, buat kalian yang mau seluruhnya terencana, mengajukan visa dekat 2 bulan saat sebelum keberangkatan ke visa Jepang dapat jadi opsi yang pas.

Soalnya, buku tabungan ataupun rekening koran yang wajib dilampirkan wajib 3 bulan terakhir saat sebelum pengajuan aplikasi serta berangkat ke Jepang.

Apabila pembuatan visa Jepang telah sukses, kamu dapat melaksanakan ekspedisi liburan ke tempat wisata Kyoto serta tempat wisata Tokyo. Selamat melaksanakan ekspedisi ke Jepang. (*/dirman)

Komentar