oleh

Hipertensi Bisa Dicegah dengan Herbal

HASHTAGNEWS.ID – Penyakit hipertensi atau yang lebih dikenal dengan istilah tekanan darah tinggi ditandai dengan meningkatnya tekanan darah yang seringkali menjadi satu-satunya gejala pada hipertensi esensial.

Penulis: Ns. Wanto Sinaga, S.Kep.,M.Kep.

Hipertensi bila tidak ditangani dengan baik dan benar akan mengakibatkan komplikasi yang lebih lanjut dan mengarah ke stroke. Penyakit ini dapat menyasar siapa saja, baik wanita atau pria.

Ada beberapa factor yang dapat  memicu munculnya hipertensi seperti factor usia, obesitas, kurang aktifitas olahraga, genetic, konsumsi garam yang berlebihan dan alkohol, merokok, dan kondisi-kondisi tertentu (diabetes, penyakit ginjal dan kehamilan).

Jumlah kasus hipertensi beberapa waktu terakhir semakin hari semakin meningkat. Hal ini diakibatkan karena pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap factor pencetus tidak adekuat sehingga seringkali masyarakat lalai untuk menerapkan pola hidup yang sehat sebagai cara untuk mencegah penyakit hipertensi.

Upaya pencegahan yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah hipertensi adalah dengan memodifikasi factor penyebab, misalnya dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, hindari konsumsi alcohol dan asap rokok, rutin berolahraga dan kendalikan berat badan.

Sedangkan factor kondisi tertentu maka harus diobati terlebih dahulu penyakitnya agar hipertensinya tidak menjadi parah.

Selain menggunakan obat farmakologi, ada pula alternative pengobatan dengan menggunakan tanaman yang ada disekitar kita seperti seledri, kumis kucing, pegagan, temulawak, meniran, daun basil, kapulaga, bawang putih, jahe, dan lavender yang dapat diolah menjadi obat herbal.

Penggunaan tanaman herbal untuk menurunkan hipertensi memiliki bermacam keuntungan seperti ramah lingkungan, irit biaya dan mudah didapat.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini yang dilakukan oleh Ns. Wanto Sinaga, S.Kep.,M.Kep. yang merupakan dosen IKB Kurnia Jaya Persada pada tanggal 06 Februari 2021 diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang cara mencegah dan mengendalikan hipertensi dengan metode yang sederhana dan sehat.

Komentar

Hashtag Feed