Cara Mengetahui Aplikasi Jahat Sejenis ‘Paket APK’ di HP

Hashtagnews.id – Heboh modus penipuan ‘paket APK’ di WhatsApp. Modus penipuan tersebut memancing pengguna untuk menginstal aplikasi jahat yang membantu jalannya social engineering pelaku. Ternyata, ada cara untuk mengetahui adakah aplikasi jahat yang terinstal di HP.

Hal ini disampaikan oleh pengamat keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya. “Untuk tahu aplikasi jahat disarankan pakai antivirus untuk Android. Dan jangan pernah instal aplikasi dari luar Play Store,” ujarnya, Selasa (6/12/2022).

Yang kedua, untuk menjaga dari pencurian SMS adalah dengan mengecek aplikasi apa saja yang memiliki akses ke SMS. Sebab, pelaku kejahatan dengan modus serupa kerap memanfaatkan aksi SMS to Telegram.

Berikut cara mengetahui adakah aplikasi jahat yang terinstal di HP sekaligus mencegah forward SMS to Telegram di Android yang digunakan untuk mencuri OTP:

Masuk ke [Settings] klik [Search]

Ketik ‘Permission Manager’

Klik [Permission Manager]

Roll ke bawah cari SMS dan klik [SMS]

Cari di ‘Allowed’ dan klik [Telegram] akan muncul pop up SMS permission Telegram. Pilih [Don’t allow] dan klik back’

Pastikan daftar SMS yang di-allowed ‘hanya’ apps yang kamu percaya.

“Kalau ada nama aplikasi pencuri SMS yang beredar namanya [J&T_Express] atau nama apa saja yang asing. Langsung [Don’t Allow] dan uninstal aplikasinya. Pastikan akun m-Banking anda masih aktif dan kalau perlu segera reset kredensial m-Banking ke bank,” tandasnya. 

(*/mi)

Komentar