oleh

AIESEC in Semarang Bantu UMKM Dapatkan Legalitas Lewat UPRENEUR 10.0

Hashtagnews.id, Semarang | 1 Agustus 2022, UPreneur 10.0 Project merupakan proyek sosial dari AIESEC  in Semarang yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDG Nomor 8, yaitu  Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Proyek sosial ini membawakan tema tentang  Legalization and SME’s Branding, yang dipilih sebagai fokus utama dengan tagline #LightUPSMEs.

UPreneur 10.0 Project dilaksanakan pada tanggal 4 Juli hingga 29 Juli 2022. Terdapat 20  orang sukarelawan yang terdiri dari 18 orang peserta lokal dan 2 orang peserta asing yang berasal dari Korea dan Sri Lanka.

Salah satu bentuk kegiatan dari UPreneur 10.0 adalah dengan melakukan kampanye yang  dilakukan secara virtual yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada pemuda-pemudi  Kota Semarang tentang pentingnya penggunaan produk lokal dalam mendukung perkembangan  UKM di Indonesia. Kampanye ini kami lakukan dengan mengunggah materi infografis mengenai kewirausahaan dan foto produk beberapa UKM di social media Instagram.

Dalam UPreneur 10.0 Project terdapat beberapa rangkaian acara yang diadakan secara  daring dan luring yaitu Observation Day, Action Day, School Roadshow, Business Academy, dan  Entrepreneur Workshop. Selama acara Business Academy dan Entrepreneur Workshop, kami diberi  pembekalan materi mengenai legalitas UKM dan branding UKM dari para pembicara yang ahli di  bidangnya dan perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Tujuan dari Business  Academy dan Entrepreneur Workshop adalah pembekalan ilmu bagi peserta sukarelawan kami dalam  membantu rencana mereka untuk mengatasi permasalahan legalitas dan branding UKM yang  dialami beberapa pelaku UKM di Kampung Home Industry Semarang dan sekitarnya, serta bagi  beberapa pelaku UKM di Kampung Home Industry Semarang dan sekitarnya dalam membantu  pemahaman legalitas UKM yang diperlukan

Selain itu, kami mengadakan School Roadshow yang diadakan di sekolah, yaitu SMA Negeri  9 dan SMA Negeri 12 Semarang. Tujuan kami ke sekolah adalah memberikan sosialisasi tentang  pemahaman mengenai kewirausahaan, khususnya terkait bidag legalitas dan branding UKM. Selain  di sekolah, kami juga melakukan kunjungan langsung ke beberapa UKM di Kampung Home

Industry Semarang selama empat hari untuk mengumpulkan beberapa data dan dokumentasi  secara langsung. Secara keseluruhan semua rangkaian acara kami sukses dan peserta sukarelawan  kami menghasilkan beberapa infografis dan hasil design yang dapat membantu beberapa UKM di  lokasi tersebut.

Mengenai AIESEC in Semarang 

AIESEC merupakan organisasi kepemudaan internasional yang berfokus dalam  pengembangan potensi kepemimpinan dan telah berdiri sejak tahun 1948 di lebih dari 120 negara  dan teritori. Di Indonesia sendiri, AIESEC telah berdiri selama lebih dari 30 tahun yang tersebar di  beberapa universitas dan kota. AIESEC in Semarang (sebelumnya AIESEC in UNDIP) merupakan  satu di antara tiga Local Committee yang berbasis kota dengan cakupan anggota yang tersebar di  seluruh universitas dan polikteknik yang ada di Kota Semarang.

Selama masa pandemi ini, AIESEC in Semarang tetap berperan aktif dalam menciptakan  wadah bagi para anggotanya serta masyarakay luas terutama pemuda untuk mengembangkan  potensi diri dan menebar dampak baik melalui berbagai acara serta proyek kolaborasi dengan  Pemerintah Kota Semarang yang diadakan secara virtual seperti Local Project, Kita Pulang  Conference, Impact Circle x Youthopia, AIESEC Future Leader, serta Growth Summit. (*/dirman)

Komentar