Invasi Ukraina ke Rusia Berbuah Kemenangan

Global16919 Dilihat

Hashtagnews.id – Ukraina telah mencatat sejumlah kemenangan selama lebih dari seminggu setelah melancarkan serangan cepat ke wilayah Rusia. Namun, saat ini risiko meningkat ketika pasukan Ukraina bersiap mempertahankan wilayah yang telah direbut, sementara Rusia mulai memulihkan kekuatannya.

Pekan lalu, Ukraina mengerahkan ribuan pasukan ke wilayah Kursk di Rusia barat, mengganti bendera Rusia di kota-kota yang berhasil dikuasai, dan untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, mengambil inisiatif perang dari Moskow.

Pada hari Rabu, pejabat di Kiev mengumumkan bahwa Ukraina akan menggunakan wilayah yang direbut di Rusia sebagai “zona penyangga” untuk melindungi wilayah utara Ukraina dari serangan Rusia.

Oleksandr Syrskyi, kepala angkatan bersenjata Ukraina, mengatakan pada Kamis bahwa Kiev telah mendirikan pos komando militer di wilayah Kursk yang diduduki, yang menunjukkan ambisi mereka untuk mempertahankan wilayah tersebut. Syrskyi menambahkan bahwa wilayah yang diduduki mencakup lebih dari 1.150 km persegi.

Tujuan Ukraina di Kursk adalah untuk mengalihkan perhatian pasukan Rusia dari wilayah Donbas di Ukraina timur, di mana Rusia telah membuat kemajuan selama berbulan-bulan dan berusaha menguasai seluruh wilayah tersebut, menurut mantan menteri pertahanan Ukraina, Andriy Zagorodnyuk. Namun, hingga kini, belum ada indikasi bahwa Rusia akan menyerah.

Baca juga:  Terowongan Air Terpanjang Milik China Dibuka

Selain merusak reputasi Presiden Vladimir Putin, invasi terbesar ke Rusia sejak Perang Dunia II ini telah melemahkan pasukan Rusia, menangkap tentara yang dapat dijadikan alat tawar-menawar, dan menciptakan ancaman di wilayah Rusia, menurut analis militer Polandia, Konrad Muzyka.

Di sisi lain, pejabat Rusia menyebut serangan Ukraina ke wilayah mereka sebagai “invasi teroris” dan mengklaim bahwa infrastruktur sipil menjadi sasaran, meskipun Ukraina membantah tuduhan tersebut. Putin menyatakan bahwa Rusia akan memberikan “respon yang setimpal” atas serangan ini, namun prioritas utama saat ini adalah mengusir pasukan Ukraina dari wilayah Rusia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina menyatakan minggu ini bahwa Ukraina “tidak tertarik” untuk secara permanen menduduki tanah Rusia, dan bahwa wilayah tersebut hanya dimaksudkan sebagai alat tawar-menawar dalam negosiasi damai.

Analis militer yang berbasis di Kiev, Serhiy Zgurets, memprediksi bahwa Ukraina akan berusaha mempertahankan kendali atas wilayah antara kota Rylsk, Korenevoye, dan Sudzha serta perbatasan, yang memberikan Ukraina kontrol atas jalur selebar sekitar 20 km di wilayah Rusia.

Baca juga:  Melihat Tugas dan Peran NATO dalam Konflik Dunia, Termasuk Rusia Vs Ukraina

“Jalur ini tidak sulit untuk dipertahankan karena memiliki beberapa jalan dan banyak sungai,” katanya kepada Reuters.

Dia juga menambahkan bahwa area ini bisa dipertahankan oleh pasukan kecil dengan menggunakan sistem artileri jarak jauh dan pertahanan udara.

Namun, Konrad Muzyka memperingatkan bahwa upaya untuk mempertahankan wilayah Rusia yang luas dapat membuka peluang bagi Ukraina untuk mengalami kerugian besar, terutama mengingat kekurangan personel yang telah menghambat mereka dalam perang melawan musuh yang jauh lebih besar.

Dia menilai bahwa serangan balasan ini adalah “taruhan besar” yang dalam jangka pendek membuahkan hasil, namun risiko meningkat seiring waktu.

Respons Rusia

Setelah respons yang kacau pada awal serangan Ukraina, di mana tank dan kendaraan lapis baja dari Barat melintasi perbatasan, Rusia tampaknya berhasil memperlambat kemajuan Ukraina. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan bahwa pasukan Ukraina berhasil maju beberapa kilometer pada hari Rabu.

Komandan senior Rusia menyatakan pada hari Kamis bahwa pasukan Ukraina telah dipukul mundur dari satu desa di wilayah perbatasan Rusia, namun pasukan Kiev masih terus menekan di sepanjang garis depan.

Baca juga:  Update Rusia Vs Ukraina, Daftar Negara yang Bakal Kena Sanksi Balas Dendam Putin

Dengan membawa perang ke wilayah Rusia, Zelensky berisiko melemahkan pertahanan Kiev di sepanjang garis depan Ukraina, sementara Rusia telah mengirim ribuan cadangan untuk mengusir tentara Ukraina. Moskow diperkirakan memiliki cukup cadangan untuk merespons tanpa menarik pasukan dari garis depan yang paling aktif di wilayah Donbas.

Jauh dari menyerah, Ukraina melaporkan pertempuran terberat dalam beberapa minggu terakhir di dekat Pokrovsk pada hari Kamis dan menyatakan bahwa tidak ada tanda-tanda tekanan militer Rusia berkurang di sepanjang garis depan timur di dalam perbatasan mereka.

Menyadari tekanan yang meningkat, Zelensky memerintahkan komandan-komandannya pada hari Rabu untuk mengirim lebih banyak senjata ke Pokrovsk dan Toretsk, kota lain yang sedang diserang oleh Rusia.

Seorang tentara Ukraina bernama Dmytro, yang ditempatkan di perbatasan Sudzha selama serangan, mengatakan bahwa dia berharap perang segera berakhir dan bahwa serangan terhadap Rusia akan menempatkan Ukraina dalam posisi yang lebih setara dalam negosiasi. Namun, dia juga merasa tidak nyaman dengan invasi ke wilayah asing.

“Sejujurnya, tidak enak melakukan apa yang mereka (Rusia) lakukan,” katanya. (*)

Komentar