Mengenal Sistem Pemilihan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump Vs Kamala Harris

Global9330 Dilihat

Hashtagnews.id – Pada malam pertama Konvensi Nasional Partai Republik pada Senin lalu, Donald Trump tampil dengan meyakinkan. Ia mendapat sambutan meriah dari pendukung partai, hanya dua hari setelah peluru dari calon pembunuhnya melukai telinga kanannya.

Trump memasuki Fiserv Forum di pusat kota Milwaukee dengan perban tebal di telinganya. Kerumunan menyemangatinya dengan teriakan “Fight! Fight! Fight!” dan mengangkat tinju mereka, merujuk pada reaksinya setelah insiden penembakan tersebut.

Mantan presiden itu mengucapkan “Terima kasih” dan duduk di kotak VIP bersama beberapa anaknya dan Senator AS JD Vance, yang diumumkan Trump sebagai calon wakil presiden pada hari yang sama.

Trump dijadwalkan secara resmi menerima nominasi partai dalam pidato pada Kamis, dan akan menghadapi Presiden Demokrat Joe Biden dalam pemilihan pada 5 November.

Sementara itu, beberapa pendonor utama Partai Demokrat menunda sumbangan sebesar 90 juta dolar AS (Rp1,45 triliun) yang dijanjikan untuk kampanye Presiden Joe Biden karena tekanan yang meningkat terhadap pencalonannya.

Baca juga:  Cadangan Emas Mau Disegel, Ekonomi Rusia Bisa Babak Belur

Menurut laporan media pada Sabtu, tekanan terhadap Biden untuk mengakhiri kampanye pemilihannya kembali semakin meningkat. Sekitar 12 anggota Partai Demokrat di Capitol Hill secara terbuka meminta Biden untuk mundur setelah debat yang buruk melawan mantan Presiden Donald Trump.

Sumbangan untuk super PAC pro-Biden, Future Forward, mencakup beberapa donasi senilai delapan digit, menurut dua sumber yang mengetahui masalah tersebut yang dikutip oleh New York Times.

Namun, komite aksi politik tersebut tidak memberikan komentar dan tidak mengungkapkan identitas pendonor yang menunda pendanaan mereka. Future Forward dilaporkan sedang menunda keputusan besar hingga kebuntuan ini terselesaikan.

Awalnya Biden tetap teguh pada keinginannya untuk mencalonkan diri kembali, hingga akhirnya mengalah dan menyatakan diri mundur dari pencalonan dan saat ini digantikan Kamala Harris.

Sistem Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Sistem pemilihan presiden di Amerika Serikat berasal dari Konstitusi yang disetujui pada 1787. Sistem ini dirancang oleh para pendiri negara untuk menyeimbangkan kepentingan negara bagian besar dan kecil, serta populasi perkotaan dan pedesaan.

Baca juga:  Rusia Terbitkan Daftar Negara Tak Bersahabat, Indonesia Termasuk?

Electoral College

Menurut National Archives, Electoral College adalah sistem di mana setiap negara bagian memiliki sejumlah suara elektoral berdasarkan jumlah anggota Kongres yang mereka miliki. Suara elektoral ini digunakan untuk memilih presiden dan wakil presiden Amerika Serikat. Total suara elektoral adalah 538, dan dibutuhkan 270 suara untuk memenangkan pemilihan presiden.

Proses Pemilihan Presiden AS

Berdasarkan informasi dari USA Government, berikut adalah tahapan dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat:

  • Pemilihan Presiden

Proses pemilihan dimulai dengan pemilihan umum di setiap negara bagian, yang biasanya dilakukan pada hari Selasa pertama setelah hari Senin pertama di bulan November. Pemilih memilih calon presiden dan wakil presiden pilihan mereka.

  • Suara Elektoral

Setelah pemilihan umum, suara elektoral dari masing-masing negara bagian dihitung. Mayoritas negara bagian menerapkan sistem pemenang-takes-all, di mana kandidat yang memenangkan mayoritas suara di negara bagian tersebut akan mendapatkan semua suara elektoral dari negara bagian tersebut.

  • Pertemuan Electoral College

Setelah pemilihan umum, para elektor dari setiap negara bagian bertemu dalam Electoral College pada bulan Desember untuk memberikan suara mereka. Meskipun biasanya mereka memilih sesuai hasil pemilihan umum di negara bagian mereka, tidak ada persyaratan hukum yang mewajibkan hal tersebut.

  • Kongres Menghitung Suara Elektoral

Setelah Electoral College memberikan suara mereka, Kongres bertemu pada tanggal 6 Januari tahun berikutnya untuk menghitung suara elektoral dan mengumumkan hasilnya. Kandidat dengan mayoritas suara elektoral terpilih sebagai presiden, dan kandidat dengan suara elektoral kedua terbanyak menjadi wakil presiden.

  • Inaugurasi Presiden

Presiden terpilih kemudian diambil sumpahnya pada tanggal 20 Januari tahun berikutnya, dalam sebuah acara yang disebut inaugurasi presiden.

Komentar