Jelang Ramadhan, Harga Cabai dan Bawang Melonjak di Kolaka Utara

Ekobis40 Dilihat

Hashtagnews.id – Jelang masuk Bulan Suci Ramadhan Tahun 2021, bahan pokok di Pasar Lasusua Kolaka Utara, rata-rata mengalami kenaikan harga.

Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Kolaka Utara, Nurbaeti, setelah melakukan pemantauan di beberapa pasar yang ada di Kolaka Utara. Kamis,  (8/4/21).

Ia mengatakan bahwa menjelang ramadhan, pihaknya turun memantau harga kebutuhan pokok di lima pasar yang ada di Kolaka Utara, yakni Pasar Mataliono, Lapai, Lasusua, Lambai dan Wawo.

Menurutnya, dari hasil pantauannya, harga bahan pokok cabai rawit saat ini telah mengalami kenaikan. Harga cabai meroket naik, dari harga 40.000/Kg, naik hingga 70.000/Kg dan diprediksi harga tersebut akan naik hingga 80.000/kg. Tak hanya itu, harga bawang merah juga ikut naik.

Baca juga:  Antisipasi Inflasi di Bulan Ramadhan, Pemprov Sulsel dan BI Gelar Meeting Tingkat Tinggi

“Untuk harga yang mengalami kenaikan itu adalah cabe rawit sampai 70.000/Kg, Cabe merah dan keriting dari harga 30.000/Kg, naik sampai 45.000/kg, bawang merah juga naik dari harga 27.000/kg sampai 30.000/kg, sementara telur broiler mengalami penurunan dari harga 42.000/rak turun sampai 39.000/rak,” jelasnya.

Diketahui, saat ini harga kebutuhan pokok di wilayah pasar Lasusua, lebih mahal dibandingkan dengan pasar yang lain, seperti Lapai dan Mataliono.

“Kalau hasil pantauan kami harga di pasar Lasusua lebih mahal dibandingkan pasar lain yang ada di Kolaka Utara,” terangnya lewat laman web resmi Pemda Kolut.

Ia juga berharap, bahwa saat ini pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga dan mengecek barang kadaluwarsa.

Baca juga:  AIESEC in Semarang Bantu UMKM Dapatkan Legalitas Lewat UPRENEUR 10.0

”Tahun ini tidak ada tim gabungan untuk operasi pasar, jadi lebih ke Instansi masing-masing sambil mengecek harga, kita juga mengecek barang kadaluwarsa. Jangan sampai ada bahan kadaluwarsa yang diperjual belikan. Apalagi jelang Ramadan, kebutuhan pokok itu meningkat,”tutupnya.

Komentar