Terbanyak di Tahun Ini, Bupati Kolut Salurkan Zakat ASN ke Fakir Miskin

Daerah69 Dilihat

Hashtagnews.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kolaka Utara, dalam tiga bulan berhasil mengumpulkan kurang lebih Rp. 900 Juta zakat profesi, dari 2.25% gaji ASN yang disetorkan.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui Basnaz, telah menyalurkan zakat ASN ke fakir miskin. Salah satu titiknya, di Kecamatan Tiwu, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Jumat (23/04/2121) waktu lalu.

Bupati Kolaka Utara Drs H Nurrahman Umar, mengatakan bahwa jumlah santunan yang diberikan untuk fakir miskin di Kolaka Utara tahun ini, bertambah dari jumlah yang diberikan di tahun sebelumnya.

“Sebelumnya, jumlah santunan yang didapatkan sebanyak Rp.300 ribu, naik menjadi 350 ribu, dan sekarang sudah dibedakan antara fakir dan miskin. Fakir Rp.500 ribu, dan miskin Rp.400 ribu. Tahun ini yang terbanyak. Semoga bisa membantu masyarakat, apalagi di ramadhan ini, kita masih diperhadapkan dengan pandemi,” terangnya.

Baca juga:  Walikota Palopo Hadiri Bimbingan Manasik Haji di Masjid Agung

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas Kolaka Utara H. Mustamin, mengatakan bahwa penyaluran zakat tahun ini dirangkaikan dengan safari Ramadhan Pemda Kolaka Utara.

Bulan ini, hanya 8 Kecamatan yang mendapatkan santunan zakat, yakni Kecamatan Ngapa, Tiwu, Kodeoha, Katoi, Lasusua, Lambai, Ranteangin, dan Wawo.

“Pembagian zakat untuk fakir dan miskin ini, tahap pertama hanya 8 Kecamatan, 7 Kecamatan di wilayah selatan itu tahap kedua. Untuk tahap pertama ini kita akan salurkan sebanyak 973 juta. Setiap desa, terdiri dari 30 Fakir dan Miskin,” katanya.

Tambahnya, untuk zakat profesi, bukan hanya untuk fakir miskin, namun juga untuk bantuan pembangunan mesjid, sekolah, sabilillah, serta Muallaf. ”Untuk tahun ini, Muallaf tidak hanya diberikan santunan, tapi juga akan dibina,” tutupnya.

Komentar