350 Kuota Beasiswa KIP Disiapkan IAIN Palopo untuk Maba 2023

Palopo – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menyediakan 350 kuota beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk mahasiswa baru Tahun 2023.

Hal ini berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Penguatan Program Kerja 2023 yang dilaksanakan IAIN Palopo baru-baru ini. Dalam Rakor diumumkan bahwa kuota beasiswa Bidikmisi yang sekarang disebut KIP Kuliah pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Hal ini sesuai kebijakan Kemenag RI melalui DIKTIS bahwa kuota KIP Kuliah IAIN Palopo tahun ini sebanyak 350,” ucap Muhaemin selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Rabu, 15 Februari 2023.

Siswa yang akan menjadi penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA, MA, SMK atau sederajat yang telah resmi menjadi mahasiswa IAIN Palopo, dimana proses seleksinya saat mahasiswa di semester satu.

Muhaemin menambahkan, penerima Beasiswa KIP Kuliah ini diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu/keterbatasan ekonomi tapi memiliki prestasi yang baik.

Sebagaimana tujuan KIP Kuliah adalah meningkatkan atau perluasan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.

Diharapkan beasiswa sebanyak 350 orang itu dapat membantu calon Maba dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi untuk melanjutkan studi di kampus.

Sementara itu, untuk akses masuk IAIN Palopo ada tiga jalur, yakni jalur SPAN, UM-PTKIN dan jalur Mandiri. Jalur SPAN sendiri diperuntukkan bagi siswa lulusan Tahun 2023.

Jalur ini telah dibuka sejak 17 Januari s.d 13 Februari 2023 untuk pengisian dan Verifikasi PDSS, pendaftaran siswa pada 16 Februari s.d 4 Maret 2023 dan Pengumuman Seleksi 3 Februari 2023.

“Jalur kedua adalah Ujian Masuk – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang akan dibuka pada 10 April s.d 15 Mei 2023, ujiannya dijadwalkan pada 29 Mei s.d 8 Juni 2023 dan untuk pengumumannya 23 Juni 2023. Syarat umum jalur UM-PTKIN adalah siswa lulusan Tahun 2021, 2022 dan tahun 2023,” ucap Ketua Panitia SPMB IAIN Palopo, Dr H Muammar Arafat.

Jalur ketiga adalah Jalur Mandiri. Jalur ini ada dua, yaitu Jalur Mandiri Prestasi Non Akademik dimana jalur ini tanpa tes dan biaya pendaftaran, cukup dengan bukti prestasi non akademik yang sah. Kedua, Jalur Mandiri dengan Sistem Seleksi Elektronik, tambah Muammar. (*)

Komentar